Dewan Kembali Ingatkan Pemda Soal Pemerataan Pembangunan

Dewan Kembali Ingatkan Pemda Soal Pemerataan Pembangunan

BAIM/BERITASAMPIT – Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Hendra Sia.

SAMPIT – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Hendra Sia kembali mengingatan pemerintah daerah setempat untuk serius melakukan pemerataan pembangunan. Hal itu ia sampaikan lantaran hingga kini daerah-daerah pelosok masih banyak yang belum menikmati pembangunan.

“Di daerah dapil V ini ada 6 kecamatan, meliputi puluhan desa dibawahnya yang mayoritas masih minim merasakan adanya pembangunan. Maka dari itu saya kembali meminta dan mengingatkan supaya pemerintah daerah memperhatikan pembangunan di pelosok-pelosok, jangan hanya mementingkan di perkotaan saja,” katanya, Sabtu 3 September 2022.

Politisi Partai Perindo ini mengungkapkan, dirinya sangat miris melihat pembangunan di Kotim yang hanya mementingkan di perkotaan. Contohnya seperti pembangunan trotoar yang berkeramik tetapi jalan-jalan di pelosok masih banyak yang rusak parah dan harus penuh perjuangan untuk melakukan aktifitas sehari-sehari.

Menanggapi suara wakil rakyat yang datang dari dapil V itu, Bupati Kotim Halikinnor menyampaikan pihak eksekutif sepakat melakukan pemerataan pembangunan dengan mengelontorkan dana sebesar Rp200 juta untuk setiap desa mulai tahun 2023.

“Apa yang disampikan Bapak Bupati itu saya sangat mengapresiasi atas respon cepatnya untuk meratakan porsi pembangunan di Kotim, semoga di tahun 2023 kita bisa sama-sama mengawal apa yang menjadi rencana bupati tersebut,” tegas pria yang senter di kenal sapaan Sinyo di Kota Parenggean itu.

Ia menambahkan, sejatinya peranan penting infrastruktur dalam pembangunan infrastruktur berperan penting sebagai penunjang pembangunan karena ia mempunyai peran vital dalam mewujudkan pemenuhan hak dasar rakyat seperti pangan, sandang, papan, rasa aman, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Dengan demikian, dapat dikatakan infrastruktur adalah modal esensial masyarakat yang memegang peranan penting dalam mendukung ekonomi, sosial-budaya, dan kesatuan dan persatuan yang mengikat dan menghubungkan antar daerah.

Selain itu juga infrastruktur merata juga untuk pembangunan yang berkeadilan, dalam sudut pandang ekonomi kontribusi infrastruktur dalam pembangunan adalah untuk mengatasi masalah-masalah pembangunan yang meliputi kesenjangan, pengangguran, dan kemiskinan.

“Infrastruktur sebagai sarana pra sarana yang mempermudah aksesibilitas dari satu tempat ke tempat lain, akan memberikan kemudahan dalam distribusi pembangunan fasilitas-fasilitas lainnya. Sehingga, pemerataan pembangunan dalam hal apapun menjadi lebih mudah. Hal ini memiliki efek domino dan multiplayer bagi penyelesaian masalah pengangguran dan kemiskinan. Ketika akses mudah, insentif untuk membangun usaha meningkat karena kemungkinan untuk sukses lebih besar. Adanya usaha-usaha baru menciptakan lapangan pekerjaan sehingga pengangguran terkurangi,” demikian katanya.

(im)

(Visited 16 times, 16 visits today)




Sumber: https://beritasampit.co.id/2022/09/03/dewan-kembali-ingatkan-pemda-soal-pemerataan-pembangunan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID