Dewan Dorong Pemda Beri Edukasi Petani Lahan Gambut

Dewan Dorong Pemda Beri Edukasi Petani Lahan Gambut

SAMPIT, Palangka Raya – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono mendorong pemda di provinsi ini melalui penyuluh pertanian instansi terkait agar dapat memberikan edukasi kepada para petani lahan gambut.

Dia mengatakan, edukasi yang dapat diberikan yakni mengenai cara perhitungan yang baik terhadap pengelolaan lahan pertanian yang diolah untuk meminimalisir kerugian dan agar bisa mendapat keuntungan yang menjanjikan.

“Karena pada dasarnya masih banyak petani terutama di lahan gambut yang belum mengetahui cara menghitung dan mengkalkulasi hasil pertaniannya khususnya di Kalteng, jadi ini perlu di edukasi,” kata dia, Rabu, 8 Juni 2022.

Diungkapkannya, seperti pada saat ia menjabat sebagai bupati Kabupaten Seruyan beberapa tahun lalu. Saat itu dirinya meminta kepada penyuluh pertanian, selain memberikan penyuluhan para petani juga diajarkan cara menghitung dan mengkalkulasi hasil pertaniannya.

“Hal itu berkenaan dengan penghitungan berapa besaran tenaga, waktu dan modal yang harus keluar dalam satu kali panen. Contohnya dalam 1 hektare itu seorang petani dilatih untuk mengkalkulasi berapa modal yang dikeluarkan dan berapa yang ia dapat pada saat panen,” ujarnya.




Sumber: https://www.borneonews.co.id//berita/266254-dewan-dorong-pemda-beri-edukasi-petani-lahan-gambut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID