Desa Kenyala Buka Jalan Bersama Perusahaan

Desa Kenyala Buka Jalan Bersama Perusahaan

SAMPIT – Desa Kenyala, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membuka jalan sepanjang 3 kilometer bekerjasama dengan sejumlah perusahaan di daerah itu.

Pembukaan jalan ini sekaligus membuktikan bahwa desa mampu membuka jalan tanpa bergantung anggaran dari pemerintah maupun dana desa.

“Akses jalan yang menghubungkan beberapa RT ini masih dikerjakan. Jika dikalkulasikan anggaran pembangunan jalan ini lebih dari miliaran rupiah,” kata Kepala Desa Kenyala, Sahewan Harianto, Selasa 24 Januari 2023.

Ia juga mengatakan, pembangunan akses jalan itu semuanya dikelola oleh pihak ketiga, dimana sejumlah perusahaan yang beroperasional di wilayah desa itu mau diajak untuk iuran membuka akses jalan yang awalnya rawa tersebut.

“Jalan ini awalnya sebagian rawa makanya harus ditimbun, saya berpikir kalau menggunakan dana desa ini tidak mungkin dan saya akhirnya berunding dengan sejumlah perusahaan disekitar dan mereka mau urunan untuk mengerjakan kegiatan infrastruktur ini,”ucapnya.

Menurutnya ada sekitar 5 perusahaan yang membantu secara totalitas tersebut, ada yang urusan angkutan, laterit hingga alat berat yang dikerahkan.

“Jadi desa tidak keluar uang sepeserpun uang, semuanya dikerjakan pihak ketiga. Jalan pertama yang dibuka dan ditimbun ini sepanjang 1.8 kilometer dengan rata-rata timbunan ketebalan 1 meter lebih disitu saja dia memerkirakan ribuan truk yang dihabiskan untuk menimbun jalan. Kemudian akses kedua sepanjang 1,2 kilometer juga dikerjakan pihak ketiga yang sama,” sebutnya.

Jalan itu, tambahnya, menghubungkan RT 03 dan RT 04 yang sebelumnya sulit dilalui. Sehingga dengan adanya akses jalan ini membuka jaringan listrik ke desa itu.

“Tahun 2023 ini jalan harus dibangun supaya PLN bisa masuk dan nanti tiang-tiang PLN ini akan melintasi sebagaimana jalan yang sudah dibangun dan ditingkatkan tersebut,”tegas Sahewan.

Menurutnya, kepedulian dari sejumlah perusahaan ini akan membuat harmonisasi antara dunia usaha dan warga sekitar sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik.

(dia/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2023/01/24/desa-kenyala-buka-jalan-bersama-perusahaan

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID