Depo Sampah Tidak Memadai untuk Tampung Sampah Rumah Tangga

Depo Sampah Tidak Memadai untuk Tampung Sampah Rumah Tangga

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) perlu kerja keras dalam menangani masalah persampahan. Tingginya produksi dan depo sampah yang tak memadai membuat sampah di wilayah tersebut tidak tertampung.

“Memang depo sampah yang sekarang tidak memadai jika dilihat dari jumlah produksi sampah rumah tangga per harinya yang mencapai ratusan ton,” ujar Kepala DLH Kotim Machmoer, Selasa 28 Juni 2022.

Disebutnya, jumlah depo sampah yang ada di Kota Sampit ada sebanyak 8 unit, 4 dengan ukuran besar dan 4 kecil. Sementara jumlah produksi sampah per hari di Kota Sampit mencapai 100 ton per hari. Sehingga jika dilihat dari jumlah tersebut depo yang ada tidak memadai. 

“Selain itu kita juga keterbatasan armada pengangkut sampah. Jadi masih banyak yang harus ditambah untuk menangani sampah ini,” katanya. 

Oleh sebab itu kedepan jika anggaran tersedia pihaknya akan membeli loader atau alat berat untuk pengangkutan sampah untuk pertambahan armada sampah di Kecamatan Baamang dan Ketapang. “Jadi armada itu nanti akan membantu kita dalam pengangkutan sampah. Doakan saja itu bisa tercapai,” harapnya. 

Selain itu, terkait penangan sampah ini akan dikontrakkan dengan pihak ketiga, mulai dari pengangkutan sampai pembuatannya dan sampah tersebut selanjutnya akan diolah. 

Namun terkait banyaknya sampah yang dibuang sembarangan seperti di tepi sejumlah jalan itu bukan karena kurangnya tempat pembuangan sampah, namun memang kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. 

“Mereka ini mau mudah. Kalau membuang ke depo masyarakat harus turun masuk ke dalam. Tapi di tepi jalan langsung lempar. Makanya kami akan pasang patok imbauan dan akan melakukan penghijauan di sini dalam waktu dekat ini,” tutupnya. 

(dev/matakalteng.com) 


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/06/28/depo-sampah-tidak-memadai-untuk-tampung-sampah-rumah-tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID