Debit Air Kembali Naik di Desa Tumbang Mujam

Debit Air Kembali Naik di Desa Tumbang Mujam

SAMPIT – Debit air kembali naik di Desa Tumbang Mujam, Kecamatan Tualan Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Ini membuat masyarakat harus siaga banjir saat ini. 

Sekretaris Desa Tumbang Mujam, Dolik, mengatakan kondisi debit air di wilayahnya sudah mencapai 40 sentimeter dari permukaan jalan. “Saat ini tinggi air 40 sentimeter dari permukaan jalan. Jadi jalan tidak lagi terlihat karena tertutup air kami harus hati-hati,” katanya, Jumat 1 Juni 2022.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Rihel membenarkan debit air di desa tersebut. Pihaknya juga sudah mulai memantau sejumlah desa yang jadi langganan banjir. “Memang banjir di sana masih bertahan. Tapi sekarang masih di jalan belum masuk rumah. Tapi memang aktivitas warga di sana mulai terbatas,” ujarnya. 

Di Kecamatan Tualan Hulu selain Desa Tumbang Mujam yang langganan banjir yaitu Desa Merah, dan Desa Luwuk Sampun. Saat ini warga setempat sedang siaga banjir, dan berharap intensitas hujan tak meningkat. “Semoga intensitas hujan di wilayah itu tidak tinggi. Sehingga debit air segera turun tidak tambah naik,” imbuhnya. 

Diketahui penyebab daerah setempat rawan banjir lantaran hujan deras terus mengguyur membuat sungai meluap ditambah lagi desa-desa tersebut berada di dataran rendah.

(dev/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/07/01/debit-air-kembali-naik-di-desa-tumbang-mujam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID