Cukup Bawa KK atau KTP, Warga di Seruyan Bisa Berobat di Rumah Sakit dan Puskesmas

Cukup Bawa KK atau KTP, Warga di Seruyan Bisa Berobat di Rumah Sakit dan Puskesmas

INTIMNEWS.COM, KUALA PEMBUANG – Bagi warga Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng) yang hendak berobat baik di Puskesmas maupun rumah sakit yang sebelumnya menggunakan BPJS, sekarang sudah berlaku identitas tunggal bisa menggunakan KTP atau KK saja sebagai identitas untuk berobat. Demikian disampaikan Bupati Seruyan Yulhaidir, Selasa 13 Desember 2022.

Yulhaidir mengatakan, ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan. Dia menambahkan, Pemkab Seruyan terus berupaya meningkatkan pelayanan dan memastikan seluruh masyarakat di wilayah setempat mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

Upaya tersebut dengan menargetkan agar seluruh lapisan masyarakat di Seruyan masuk dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan gratis.

“Tahun ini Seruyan telah meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) dengan kepesertaan masyarakat pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah mencapai 99,06 persen,” katanya.

Selain itu, dia juga menyampaikan kepada masyarakat Seruyan apabila hendak berobat di rumah sakit atau Puskesmas di seluruh Indonesia yang ada kerja sama dengan BPJS, maka tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah kartu. Sebab, aktifnya NIK sehingga masyarakat tidak terkendala dalam proses pelayanan di fasilitas kesehatan

“Baik itu rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Seruyan, ataupun rumah sakit di Pangkalan Bun, Sampit, Palangka Raya dan Nanga Pinuh Kalimantan Barat atau rumah sakit seluruh Indonesia yang ada kerjasamanya dengan BPJS. Cukup dengan membawa KTP, KK ataupun KIA, maka sudah bisa berobat gratis,” ujar Yulhaidir..

Bukan hanya itu, lanjutnya, layanan tersebut juga berlaku bagi masyarakat atau ibu-ibu yang hendak melahirkan.

“Dengan membawa KTP ataupun tanda identitas lainnya, maka sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis untuk kelas tiga,” pungkas Yulhaidir. (**)

Editor: Irga Fachreza


Sumber: https://www.intimnews.com/cukup-bawa-kk-atau-ktp-warga-di-seruyan-bisa-berobat-di-rumah-sakit-dan-puskesmas/

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID