Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati dengan Tiga Metode Praktis

Kartu SIM Telkomsel. Foto: Telkomsel
Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati kerap dicari oleh sebagian besar pengguna. Sebab, dengan kembali melakukan aktivasi kartu, mereka dapat mengakses layanan secara optimal seperti sedia kala.
Sebenarnya SIM Card atau kartu SIM yang hangus adalah masalah umum yang juga dialami oleh pengguna operator lain. Penyebab utama di balik masalah tersebut adalah pengguna yang tak mengisi pulsa maupun kuota Internet dalam waktu yang lama. Akibatnya, masa aktif maupun masa tenggang kartu menjadi terlewat sehingga kartu menjadi hangus.

Menurut laman resmi Telkomsel, nomor Telkomsel yang hangus atau yang kerap kita sebut sebagai nomor mati adalah nomor Telkomsel prabayar yang telah melewati batas hari terakhir masa tenggang. Apabila pengguna tak kunjung melakukan isi pulsa atau pembelian paket di masa tersebut, nomor akan hangus atau kedaluwarsa.

Apabila kartu tak segera dire-aktivasi, nomor tak bisa digunakan kembali. Lebih dari itu, data sebagai pengguna secara otomatis akan terhapus oleh sistem setelah melewati periode waktu yang telah ditentukan oleh Telkomsel.

Bagi kamu yang mengalami hal serupa, simak cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati berikut ini.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Guna memaksimalkan layanan terhadap pelanggan setianya, Telkomsel memungkinkan setiap pengguna dengan nomor telepon yang sudah mati untuk melakukan re-aktivasi kartu.

Setidaknya terdapat tiga metode yang dapat dipraktikkan dengan mudah oleh pengguna prabayar Telkomsel. Menghimpun dari sumber yang sama, berikut uraian metodenya masing-masing:

Melalui Kode Dial *888*89#

Ilustrasi mencoba cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati melalui kode dial. Foto: Unsplash.com

Telkomsel memungkinkan setiap pengguna untuk melakukan re-aktivasi kartu secara mandiri melalui panggilan kode dial di nomor *888*89#.

Sebelum melakukan cara ini, terdapat beberapa dokumen yang harus disiapkan, seperti nomor KTP/NIK dan nomor KK yang terdaftar di nomor Telkomsel yang akan diaktifkan kembali serta kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan.

Setelah beberapa hal di atas telah disediakan, ikuti beberapa langkah berikut:

  1. Buka menu panggilan di HP.

  2. Masukkan kode dial *888*89# dan lakukan panggilan menggunakan nomor Telkomsel yang sudah mati.

  3. Untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati, tekan 1 untuk memilih opsi ‘Reaktivasi kartu’.

  4. Masukkan angka 1 kembali untuk memilih opsi ‘Setuju’ guna menyetujui ketentuan yang berlaku.

  5. Selanjutnya, masukkan nomor KTP dan Kartu Keluarga yang terdaftar pada nomor Telkomsel yang mati.

  6. Tunggu hingga terdapat SMS pemberitahuan mengenai reaktivasi nomor Telkomsel yang mati dapat dilakukan atau tidak.

Opsi lain untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati, yakni melalui layanan Telkomsel E-care. Layanan pelanggan tersebut dapat diakses lewat fitur pesan langsung (DM) ke media sosial Twitter atau Instagram Telkomsel di @telkomsel.

Sama seperti metode sebelumnya, kamu harus menyiapkan KTP/NIK dan nomor KK terdaftar di nomor Telkomsel yang akan diaktifkan kembali dan kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan. Selanjutnya, ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Kunjungi media sosial Twitter atau Instagram Telkomsel di @telkomsel.

  2. Selanjutnya, kirim pesan ‘reaktivasi prepaid’ melalui DM di salah satu media sosial tersebut.

  3. Kamu akan dikirimkan tautan untuk mengunggah foto KTP, nomor KK, dan foto kartu SIM fisik yang akan direaktivasi.

  4. Setelah itu, kamu akan tersambung ke antrean video call untuk proses validasi data.

Metode ketiga untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati adalah dengan mengunjungi GraPARI terdekat. Sebelum itu, siapkan dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, dan kartu SIM yang hangus.

Sebagai catatan, proses re-aktivasi kartu tak bisa diwakilkan oleh siapa pun. Artinya, kamu harus melakukan proses re-aktivasi sendiri.

Itulah tiga cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati. Segera lakukan aktivasi ulang agar tetap bisa mengakses layanan Telkomsel dan mendapat berbagai penawaran menarik di dalamnya. Semoga bermanfaat!


Sumber: https://kumparan.com/how-to-tekno/cara-mengaktifkan-kartu-telkomsel-yang-sudah-mati-dengan-tiga-metode-praktis-1yax5e0Upu1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID