Cara Buat KTP Terbaru 2022, Termasuk Syarat dan Biayanya

Cara Buat KTP Terbaru 2022, Termasuk Syarat dan Biayanya

Jakarta

Bagi warga negara yang akan menginjak usia 17 tahun, penting untuk mengetahui cara buat KTP termasuk syarat dan biaya pembuatannya. sebab Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan salah satu dokumen penting bagi masyarakat Indonesia.

Apa itu KTP?

KTP adalah dokumen resmi yang menjadi tanda pengenal wajib yang dimiliki setiap warga negara. Dalam KTP tertulis semua informasi data pribadi, seperti nama, Nomor Induk Keluarga (NIK), hingga tanggal lahir.

Sejak tahun 2011, KTP sendiri telah berbentuk Elektronik atau dikenal sebagai e-KTP.

Secara umum KTP sendiri berfungsi berbagai tanda pengenal identitas serta tanda kewarganegaraan. Biasanya KTP juga diperlukan untuk mengurus beragam keperluan, mulai membuat rekening bank, pendaftaran vaksinasi hingga mengurus SIM.

Syarat Buat KTP

1. Minimal berusia 17 tahun

2. Surat pengantar dari pihak Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW)

3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

4. Surat keterangan pindah dari kota asal, jika bukan asli warga setempat

5. Surat keterangan pindah dari luar negeri, yang harus diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang datang dari luar negeri karena pindah.

6. Datang langsung ke kantor Kelurahan, di sini pengajuan pembuatan KTP akan diambil fotonya dan melakukan sidik jari.

Alur Buat KTP

1. Fotokopi dokumen yang dibutuhkan: sejumlah dokumen yang diminta biasanya membutuhkan lebih dari satu lembar. Ada baiknya sebelum pergi ke kelurahan, fotokopi sekitar 2 hingga 3 salinan tiap dokumen agar memudahkan proses pembuatan e-KTP.

2. Datang ke Kelurahan: untuk membuat e-KTP, kamu harus mendatangi langsung kelurahan dan tidak dapat diwakili. Masuk dan ambil antrian. Secara umum, pengurusan e-KTP dibuka mulai jam 08:00 pagi hingga 15:00.

3. Penyerahan dokumen: setelah giliran tiba, serahkan salinan dokumen yang telah disiapkan kepada petugas Kelurahan. Ada baiknya untuk membawa dokumen yang asli untuk ditunjukkan kepada pegawai.

4. Ambil Foto dan sidik jari: setelah penyerahan dokumen, kamu akan diarahkan untuk mengambil foto dan sidik jari. Jika semua proses sudah selesai, kamu akan mendapatkan surat pengantar saat e-KTP nanti diambil. Surat ini juga berguna sebagai kartu identitas sementara selama menunggu pengambilan e-KTP.

Pengurusan pembuatan e-KTP dapat dilakukan dengan cepat tergantung antrian. Sementara untuk pengambilan e-KTP dapat dilakukan 14 hari kemudian. Silahkan konfirmasi ke pihak kelurahan terkait jika dalam kurun tersebut e-KTP belum bisa diambil.

Biaya Buat KTP

Diketahui bahwa sejak 1 Januari 2014 lalu pemerintah telah membebaskan biaya administrasi untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, dan akta kematian. Dengan demikian masyarakat tidak pelu membayar biaya apa pun saat buat KTP.

Demikian informasi terkait cara buat KTP, termasuk syarat dan biaya yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Simak Video: Catat! Aturan Baru Penulisan Nama di KTP Hingga KK

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)


Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6130091/cara-buat-ktp-terbaru-2022-termasuk-syarat-dan-biayanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID