Bjorka Kembali Sebar Data, Kali Ini dari PeduliLindungi · Ninna.id

Bjorka Kembali Sebar Data, Kali Ini dari PeduliLindungi · Ninna.id

NINNA.ID – Bjorka berulah lagi. Setelah baru saja diduga menyebarkan data dari MyPertamina, kini Bjorka menjual data yang menurutnya dari PeduliLindungi.

Bjorka menjajakan data berukuran 48GB terkompresi di platform Breached Forum. Dengan satuan bitcoin, data Bjorka itu dihargai USD 100 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar.

Data berformat CSV tersebut berisi nama, email, NIK, nomor telepon, tanggal lahir, Device ID, status COVID-19, catatan check in, catatan contact tracing, dan vaksinasi.

“PeduliLindungi adalah aplikasi contact tracing COVID-19 resmi yang dipakai di Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh Kemenkominfo, yang bekerja sama dengan KPCPEN, Kemenkes, Kemen BUMN, dan Telkom Indonesia. Aplikasi ini awalnya dikenal sebagai TraceTogether namun kemudian diganti karena Singapura menggunakan aplikasi dengan nama sama,” tulis Bjorka, mengawali postingannya di Breached Forum.

BERSPONSOR

Data yang diambil Bjorka dari pedulilindung itu milik 94 juta pengguna PeduliLindungi. Bjorka mengklaim, ada data milik Johnny G Plate, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Deddy Corbuzier, yang ia sertakan dalam data sampel yang bisa diunduh secara gratis.

“Data sampel yang ditunjukkan di bawah juga termasuk data milik Johnny G Plate, Luhut Binsar Pandjaitan dan Deddy Corbuzier,” tulis Bjorka di postingan tersebut.

Dari 94 juta pengguna itu juga menurutnya ada data vaksinasi sebanyak 209 juta, catatan check in sebanyak 1,3 miliar, dan catatan contact tracing sebanyak 1,5 miliar.

Sebelunya atak lama setelah ia membocorkan data yang diduga berasal dari MyPertamina, Bjorka sudah menyebut akan membocorkan data dari PeduliLindungi.

BERSPONSOR

Bjorka sebenarnya sudah pernah membocorkan data dari PeduliLindungi ini. Makanya pernah tersebar berita kalau Menko Manrives Luhut Binsar Pandjaitan, belum mendapat booster vaksin COVID-19.

Data yang disebarkan Bjorka itu tetapi berbeda dengan data PeduliLingung yang dicek secara manual. Dari pengecekan manual, data NIK yang beredar, Luhut dinyatakan sudah melakukan vaksinasi COVID-19 booster atau vaksin COVID-19 dosis ketiga.

Perbandingan data itu akhirnya dipertegas oleh juru bicara Kemenko Marinves, Jodi Mahardi.

“Pak Menko sudah booster kok. Ada sertifikat vaksin ketiga-nya tertanggal 8 Januari 2022,” terang dia kepada detikcom, Senin (12/9).

– Advertisement –

Editor : Mahadi Sitangang




Sumber: https://www.ninna.id/bjorka-kembali-sebar-data-kali-ini-dari-pedulilindungi/

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID