Bingungnya 300 Petugas Kebersihan Makassar Diwajibkan Daftar Ulang Online

Bingungnya 300 Petugas Kebersihan Makassar Diwajibkan Daftar Ulang Online

Makassar

Sebanyak 300 tenaga kontrak yang bekerja sebagai petugas kebersihan kebingungan mendaftar ulang sebagai tindak lanjut usai dinyatakan lulus seleksi Laskar Pelangi lingkup Pemkot Makassar. Mereka kesulitan mengakses sistem pendaftaran yang diwajibkan lewat online atau daring.

Diketahui ada 12.800 tenaga kontrak yang sebelumnya lulus seleksi Laskar Pelangi. Namun dari laporan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar per tanggal 8 Juni pukul 16.00 Wita ada 300 orang di antaranya belum terdata.

“Hari ini data terakhir masih ada 300-an lebih yang belum daftar ulang. Dari tenaga kebersihan,” tutur Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi BKPSDM Makassar, Ilham Rasul saat dikonfirmasi detikSulsel, Kamis (8/6/2022).

Dia mengungkapkan kendalanya ada pada NIK yang bermasalah. Padahal NIK tersebut dibutuhkan sebagai kode akses sistem pendaftaran ulang.

“Masih ada beberapa belum daftar ulang karena ada kendala error pada NIK. Jadi belum bisa login,” beber dia.

Sedianya pendaftaran ulang sudah berakhir 6 Juni. Namun ada kesalahan pada sistem, ada toleransi kepada ratusan tenaga kontrak petugas kebersihan yang sulit melakukan daftar ulang sampai target 12.800 formasi terpenuhi.

“Dari 12.800 sekarang itu, masih ada sekitar 300-an orang yang masih datanya bermasalah. Sementara pencocokan NIK,” urai Ilham.

Diketahui ada 12.800 tenaga kontrak yang lulus seleksi Laskar Pelangi. Mereka diminta mendaftar ulang untuk pengelompokan keahlian, di antaranya tenaga kontrak ahli, administrasi, dan operasional.

Bagi Laskar Pelangi yang memilih kelompok tenaga ahli akan ada tes khusus, berdasarkan kompetensi spesifik masing-masing. Jika dari hasil tes tidak menunjukkan adanya keahlian khusus, akan dialihkan ke tenaga administrasi, hingga operasional.

“Masih ada tes untuk tenaga ahli. (Pelaksanaan tesnya) Insyaallah secepatnya menunggu petunjuk pimpinan,” tutur Ilham.

Danny Pomanto Tegaskan Tidak Ada Sistem Gugur

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menegaskan tidak ingin ada tenaga kontrak gugur hanya karena persoalan kesulitan daftar ulang. Apalagi yang bermasalah karena sistem pendaftaran.

“Tidak ada (sistem gugur). Daftar ulang itu karena dia kesulitan (akses sistem pendaftaran),” tutur Danny saat ditemui, Kamis (9/6).

Pihaknya sudah meminta agar tenaga kontrak yang kesulitan daftar bisa diproses sampai rampung. Dia ingin formasi 12.800 Laskar Pelangi bisa terisi, tak terjadi kekosongan hanya karena alasan tak daftar ulang untuk pengelompokan golongan.

“Kan pengelompokan (golongan Laskar Pelangi) supaya formasi ini tidak sia-sia 12.800 orang ini,” tandasnya.

Dia mengaku setelah proses pendaftaran ulang, 12.800 tenaga kontrak bisa segera ditetapkan SK-nya yang menyatakan mereka telah resmi menjadi Laskar Pelangi (Pelayanan Publik Berintegritas). Setelahnya langsung bekerja yang ditempatkan di tiap SKPD lingkup Pemkot Makassar.

“Tidak ada ji (tahapan selanjutnya), langsung SK (penetapan Laskar Pelangi usai daftar ulang),” jelasnya.

(sar/asm)


Sumber: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6119609/bingungnya-300-petugas-kebersihan-makassar-diwajibkan-daftar-ulang-online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID