Bhabinkamtibmas Desa Terantang Sosialisasikan Penanggulangan Karhutla

Bhabinkamtibmas Desa Terantang Sosialisasikan Penanggulangan Karhutla

SAMPIT – Meski di Kota Sampit sering diguyur hujan, jajaran Polres Kotawaringin Timur (Kotim) tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Seperti yang dilakukan oleh anggota Polsek Ketapang, Bhabinkamtibmas Desa Terantang Bripka Muhammad Triyo, Kamis, 30 Juni 2022.

Saat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) di aula Desa Terantang, Kecamatan Seranau, polisi yang gemar berpacu dilintasan balap ini mengimbau masyarakat agar tidak sembarangan membakar lahan, sebab tidak menutup kemungkinan terkena pidana. 

Selain itu, dirinya juga mengimbau agar membuka lahan membakar. Sebab selain merusak pemandangan, asap yang ditimbulkan juga dapat mencemari udara bahkan dapat menyebabkan penyakit ispa. 

“Dalam forum tadi, kami juga memperoleh beberapa kesepakatan. Ini semua kami lakukan agar karhutla tidak terjadi lagi di Kabupaten yang kita cintai ini,” ucap pria yang akrab disapa Ryo ini. 

Adapun beberapa kesepakatan itu yakni sepakat bekerjasama dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla, menambah pos patroli dan pembuatan menara pantau disekitar spot atau lahan yang dianggap potensi terjadinya karhutla. 

FOTO : HUMAS POLSEK KETAPANG/MATAKALTENG – Kegiatan FGD

Dilanjutkan, sepakat melakukan patroli di jalur darat dan sungai Desa Terantang, pembuatan alat  sederhana untuk mematikan api dan pembuatan sumur bor di sekitar spot atau lahan yg dianggap potensi terjadinya karhutla, serta melakukan koordinasi berjenjang kepada unsur terkait jika terdapat kendala dalam pelaksanaan dilapangan. 

“Daerah Kotim ini adalah daerah yang rawan karhutla, karena memang luas sebaran gambutnya, walaupun saat ini sering hujan, kita perlu meningkatkan kewaspadaan untuk hal semacam ini. Mari kita jaga kondusifitas Kamtibmas maupun alam di Bumi Habaring Hurung ini. Ini merupakan tugas kita bersama. Sebab, aparat merupakan bagian dari masyarakat,” tutup salah seorang polisi yang tenar ini. 

FGD ini dihadiri oleh Kades Terantang , perwakilan PT. RMU (Rimba Makmur Utama), RSA (Regu siaga Api) Desa Terantang, perangkat Desa Terantang, perwakilan Koramil kota, dan masyarakat Desa Terantang. 

(gus/matakalteng.com) 


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/06/30/bhabinkamtibmas-desa-terantang-sosialisasikan-penanggulangan-karhutla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID