Waspada!! Buaya Ganas Masih Ada Terlihat di Seputaran Desa Bagendang Hulu

Waspada!! Buaya Ganas Masih Ada Terlihat di Seputaran Desa Bagendang Hulu

SAMPIT – Kemunculan buaya di beberapa daerah yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini sudah jarang terlihat. Meski demikian, masih ada buaya yang terlihat di Desa Bagendang Hulu.

Menurut Muriansyah selaku Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, pihaknya telah selesai melakukan pemasangan plang imbauan di sejumlah daerah di Kotim. Dimana sembari melakukan pemasangan planh tersebut, pihaknya juga menggali informasi dari warga sekitar.

“Pemasangan semua plang imbauan sudah selesai, terakhir pemasangan di sungai Kuin, Desa Kuin Permai 2 plang,” sebutnya, Rabu 20 Januari 2021. Lanjut Muriansyah, Ssaat pemasangan kemarin warga juga memberi infomasi kalau di desa Pelangsian gang Mawar setelah kemunculan 1 kali yang sempat di video warga, buaya tidak pernah terlihat lagi.

“Kondisi jerat atau pancing buaya juga masih baik. Umpan masih ada,” bebernya. Sedangkan yang di desa Pelangsian dekat pasar yakni lokasi buaya yang menyerang seorang nenek hingga putus tangannya itu, dari keterangan warga buaya tidak terlihat lagi.

“Jerat atau pancing buaya di amankan di tempat kepala desa,” ujarnya. Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk di desa Ganepo, beberapa kali buaya masih terlihat di tepi sungai. Namun aktifitas MCK di sungai tidak ada lagi. 

“Perangkat desa Ganepo mantap, sigap dengan keadaan. Aktifitas MCK sudah di darat karena desa menyediakan penampung air (profil tank) tiap rumah dan pembuatan kakus. Ini juga sudah mulai menjaga kebersihan sungai, tidak membuang sampah ke sungai, karena ada bak sampah,” ungkapnya.

Sedangkan, di desa Bagendang Hulu, dilaporkan warga masih ada buaya terlihat di sekitar perairan desa. Buaya terlihat di tengah sungai berenang mengikuti arus sungai. “Kalau di Kecamatan Pulau Hanaut, warga juga masih sering melihat buaya. Dan di desa Kuin Permai, sungai kuin buaya beberapa kali terlihat. Jumlahnya ada 3 ekor,” ujarnya.

Ujar Muriansyah, tindakan pihaknya juga melakukan pengarahan yang lebih mendalam selain pemasangan plang juga menjelaskan prilaku buaya. “Kebanyakan tanggapan warga positif. Semua senang dengan kedatangan dan penjelasan dari kami,” demikiannya.

(dia/matakalteng.com)

The post Waspada!! Buaya Ganas Masih Ada Terlihat di Seputaran Desa Bagendang Hulu appeared first on Mata Kalteng.

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: