Warga Tangkap Buaya 3,5 Meter Terjebak di Parit, Evakuasi Sampai 2 Jam

Merdeka.com – Tim gabungan di Samarinda, Kalimantan Timur, menangkap buaya 3,5 meter di permukiman padat kawasan Sungai Lais, Sambutan, Samarinda. Buaya diperkirarakan berbobot hampir 100 kg itu diduga pernah memangsa ternak warga.

Buaya itu terlihat oleh warga Kamis (2/12) malam sekira pukul 21.00 WITA di salah satu parit dekat permukiman warga. Tim rescue Dinas Pemadam Kebakaran, animal rescue dan relawan bergerak ke lokasi kejadian.

“Buaya ini ada di parit dan sudah makan 1 ekor bebek warga. Jadi warga spontan mengepung parit supaya buaya itu tidak lari,” kata petugas Rescue Bidang Evakuasi, Penyelamatan & Perlindungan Hak Sipil Dinas Pemadam Kebakaran Samarinda, Ichwan Wahyudi, dikonfirmasi merdeka.com, Jumat (3/12).

Ichwan menerangkan, proses evakuasi memakan waktu hampir dua jam menggunakan jaring dan jerat tali. “Panjangnya 3,55 meter, kami bawa ke posko 8 Disdamkar. Belum tahu persis jantan atau betina. Ukurannya memang besar,” ujar Ichwan.

“Informasi teman-teman animal rescue, sebelumnya kemungkinan buaya ini terlihat di anak sungai besar. Tapi malam tadi, buaya ini benar-benar terdesak di parit permukiman warga,” tambah Ichwan.

Dijelaskan Ichwan, diperkirakan buaya itu berbobot sekira 90 kilogram. Setelah diamankan di markas posko 8 Disdamkar, buaya itu kemudian diserahkan ke BKSDA Kalimantan Timur untuk dilepasliarkan.

“Karena buaya termasuk dilindungi, kami tidak bisa melepasliarkan sendiri. Sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur), kita serahkan ke BKSDA tadi pagi,” terang Ichwan.

Masih disampaikan Ichwan, laporan warga sebenarnya melihat dua buaya. Namun demikian, dipastikan hanya satu buaya. “Kalau memang terlihat buaya lain, warga bisa melaporkan kembali ke kami. Sementara kita pastikan hanya satu buaya itu, dan berukuran besar,” demikian Ichwan. [lia]

Copyright © 2022 Sampit_ID
%d bloggers like this: