Vaksin Booster di Kotim Belum Dilaksanakan

INTIMNEWS.COM, SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini belum melaksanakan vaksin booster ke tiga. Hal itu diungkapkan oleh Dinas Kesehatan Kotim.

“Untuk sementara belum bisa kami laksanakan, karena di Kotim saat ini vaksinasi dosis kedua masih di bawah 60 persen,” kata Umar Kaderi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim, Sabtu, 15 Januari 2022.

Ia menjelaskan, vaksinasi booster atau dosis ketiga ini adalah suntikan dosis tambahan dari vaksin Covid-19 guna memperkuat antibodi yang sudah terbentuk dari pemberian vaksinasi dosis sebelumnya. Vaksin ini hanya diberikan untuk orang yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin.

Adapun, kriteria dan syarat penerima vaksin booster ini antara lain, diberikan pada masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas dan telah menjalani vaksinasi dosis kedua dengan jangka waktu lebih dari enam bulan.

Vaksinasi booster ini diprioritaskan untuk daerah yang sudah memenuhi syarat tertentu, yakni sudah melaksanakan vaksinasi dosis pertama lebih dari 70 persen dan dosis kedua 60 persen dari total sasaran vaksinasi yang telah ditentukan.

“Selain target dosis kedua belum tercapai, sebenarnya stok vaksin kita juga terbatas,” imbuhnya.

Ia menambahkan, walau pelaksanaan vaksinasi booster sementara belum bisa terlaksana, pihaknya tetap fokus dalam upaya mendorong percepatan vaksinasi di wilayah ini, khususnya untuk dosis kedua dan vaksinasi bagi warga lanjut usia.

Terkait keterbatasan stok vaksin pun, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi untuk mendapatkan alokasi vaksin, supaya pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan lancar dan upaya mencapai target pun bisa terwujud.

Editor: Andrian


Baca berita selengkapnya di Intim News.

Copyright © 2022 Sampit_ID
%d bloggers like this: