Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemuda Kotim Gelar Bazar di Masa Pandemi

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemuda Kotim Gelar Bazar di Masa Pandemi

SAMPIT – Guna meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang terus melanda, Pemuda Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar bazar untuk para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kotim. 

Giat ini didukung penuh oleh pemerintah daerah melalui Dinas Perdagangan Kotim. “Dengan bazar ini diharapkan dapat menggerakkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat Kotim, agar tetap bertahan pada masa pandemi,” kata Pejabat Sekertaris Daerah (Sekda) Kotim, H Suparmadi, Minggu 17 Januari 2021.

Kegiatan yang dipusatkan di jalan Ahmad Yani dan tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut bertujuan juga membantu memperkenalkan dan memasarkan produk UMKM Kotim kepada masyarakat, agar produk lokal Kotim kedepan lebih diminati. 

Dimasa pandemi seperti sekarang ini para UMKM tersebut memasarkan produknya hanya melalui media online. Pada bazar tersebut, berbagai produk lokal olahan para pelaku UMKM dipajang, mulai dari minuman, makanan ringan hingga seni kerajinan tangan.

“Akan kita upayakan produk mereka ini bisa masuk di mall atau supermarket,” tutur Suparmadi. Sementara itu, Rusmita salah satu pelaku UMKM mengaku dimasa pandemi Covid-19 ini,penjualan produknya mengaku penurunan hingga 60 persen.  

Sehingga untuk mensiasati agar produknya tetap laku, dirinya memasarkan melalui media sosial atau secara online dan mengantar produk tersebut langsung ke rumah konsumen. Upaya tersebut dilakukan agar tetap mendapat penghasilan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup.

“Iya menguras tenaga, tapi gimana lagi biar produk kami laku. Dan itu kami tidak meminta ongkos kirim,” terangnya. Sehingga dengan adanya kegiatan bazar ini bazar, dirinya sangat mengapresiasi. Menurutnya dengan itu, dirinya dan teman-teman pelaku UMKM dapat memasarkan produk mereka.

(dev/matakalteng.com)

The post Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemuda Kotim Gelar Bazar di Masa Pandemi appeared first on Mata Kalteng.

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: