Tengah Malam, Yoyo-Madi Serahkan Kekurangan Syarat Dukungan ke KPU

Tengah Malam, Yoyo-Madi Serahkan Kekurangan Syarat Dukungan ke KPU

PENYERAHAN DUKUNGAN :IM/BERITASAMPIT – Ketua KPU Kabupaten Kotawaringin Timur, Siti Fathonah Purnaningsih (tengah baju abuu) saat menerima penyerahan syarat dukungan dari calon perseorangan bupati dan wakil bupati pasangan Yoyo-Madi.

SAMPIT – Pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan Yoyo-Madi Senin 28 Juli 2020 sekitar pukul 23.33 Wib mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur.

Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan kedatangan calon bupati dan wakil bupati perseorangan itu datang untuk memenuhi syarat dukungan tahap dua, dimana pada tahap awal penyerahan terdapat kekurangan 7.860 syarat dukungan.

“Sesuai dengan PKPU Nomor 18 tahun 2019 disitu dijelaskan bahwasanya jika ada kekurangan dari syarat minimal 23.307, dan kemarin pasangan perseorangan ini terdapat kekurangan 7.860, saat penyerahan ini jumlah kekurangan dihitung dua kali dari kekurangan tersebut dan minimal yang diserahkan ke kami malam ini sejumlah 15.720 syarat dukungan,” kata Siti Fathonah Purnaningsih, usai menerima berkas syarat dukungan, Senin, 27 Juli 2020, malam.

BACA JUGA:   Kapolres Kotim Terus Tekankan Anggota Berantas Narkoba

Lebih jauh dijelaskan Ketua KPU, jika syarat dukungan tahap dua masih tidak memenuhi, akan dikembalikan karena ketentuannya sudah jelas harus menyerahkan minimal dua kali lipat dari jumlah kekurangan syarat sebelumnya.

Setelah dilaksanakan penerimaan awal lalu lanjut Ketua KPU di lakukan pengecekan untuk jumlah minimalnya, dan dilanjutkan verifikasi administrasi.

“Jika syarat minimal terpenuhi barulah kami melakukan verifikasi faktual yang akan dilaksanakan pada 8 – 16 Agustus,” sebut Siti Fathonah Purnaningsih.

“Jika tidak memenuhi lagi, tidak ada perbaikan. Untuk Syarat awal masih ada verifikasi administrasi dan verifikasi faktual,” tambahnya.

BACA JUGA:   Rokok Ilegal Beredar PAD Bisa ‘Bocor’, Dewan Minta Tingkatkan Pengawasan

Sementara itu menurut Siti Fathonah Purnaningsih, perbedaan verifikasi faktual setelah penyerahan syarat dukungan perbaikan yakni jika dulu pihak KPU yang dor to dor (pintu ke pintu). Sekarang tim dari bakal calon perseorangan yang mengumpulkannya di satu tempat.

“Setelah dikumpulkan di satu tempat oleh tim pasangan perseorangan, barulah petugas kami yang akan melakukan verifikasi faktual disitu setelah selesai pelaksanaan verifikasi administrasi. Jumlah syarat dukungan yang diserahkan ke kami malam ini menurut keterangan bakal calon bupati dan wakil bupati sebanyak 16.479 dukungan,” demikian Siti Fathonah Purnaningsih.

(im/beritasampit.co.id).

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: