Tahun 2022 Pengadaan Alat Berat Per Kecamatan Akan Dipenuhi

Tahun 2022 Pengadaan Alat Berat Per Kecamatan Akan Dipenuhi

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Halikinnor, mengatakan pada tahun 2021 ini, berupaya memenuhi janjinya untuk pengadaan alat berat bagi seluruh Kecamatan se-Kotim.

“Tahun ini kita upayakan 5 unit, untuk pengadaan alat ini kita utamakan kecamatan yang urgen dulu, terutama wilayah yang rawan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan,” kata Halikin, Selasa 16 Maret 2021.

“Pada tahun 2022 nanti, akan kita penuhi semua pengadaan alat berat,” lanjutnya.

Berkaitan dengan upaya pencegahan Karhutla, keberadaan alat berat sangat penting membantu masyarakat, terutama para petani yang ingin membuka lahan pertanian.

“Pengadaan alat berat salah satu visi dan misi kita saat mencalon dulu, dan ini salah satu antisipasi agar masyarakat tidak lagi membakar lahan. Jika dulu mengolah lahan dengan cara membakar belum ada solusi, maka ini solusi yang kita berikan,” paparnya.

Halikin juga menerangkan, nantinya alat berat yang diberikan akan ditempatkan dan dikelola oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di masing-masing kecamatan, dengan harapan tidak hanya mencegah karhutla, namun juga bermanfaat bagi masyarakat yang ingin bercocok tanam.

“Jadi kita bisa menambah penghasilan masyarakat, dibalik musibah kita buat jadi rahmat. Alat yang akan dibeli nanti merupakan jenis excavator yang multi  bisa jadi digunakan untuk mengeruk dan juga doser,” ucapnya.

Untuk penanganan karhutla sendiri, Pemkab Kotim menyiapkan anggaran sekitar Rp 5 miliar, meski demikian kepada masyarakat tetap diimbau agar sama-sama menyadari dan menjaga agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Saya menekankan masyarakat maupun pihak korporasi, jangan melakukan pembakaran hutan dan lahan, karena masalah ini akan berhadapan dengan aparat penegak hukum, karena bertentangan dengan undang-undang,” tandasnya. (Cha/beritasampit.co.id).

.fb-background-color {
background: !important;
}
.fb_iframe_widget_fluid_desktop iframe {
width: 100% !important;
}

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: