Sempat Mereda, ODP dan PDP di Kotim Kembali Bertambah

Sempat Mereda, ODP dan PDP di Kotim Kembali Bertambah

Data Gugus Tugas Covid-19 Kotim

SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), masih perlu perjuangan yang tidak mudah untuk terbebas dari Virus Covid-19.
Meski tidak adanya penambahan pasien positif, namun kabar kurang baik datang dari Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, yang awalnya zona putih, naik menjadi zona hijau, karena ada 9 orang dalam pemantauan (ODP).

Demikian juga Kecamatan Mentawa Baru Ketapang yang sebelumnya sudah kembali ke zona hijau, kini terdata naik menjadi zoba kuning, karena ada penambahan 1 PDP.

Update Covid-19, Kamis 14 Mei 2020, pukul 12.00 WIB, terdata dari 191 total pantau, 172 dinyatakan selesai pantau atau terdapat 19 orang dalam pemantauan (ODP). 2 PDP yang tersebar di 6 kecamatan. Sedangkan yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 16 orang, dengan rincian 4 orang masih dirawat, 10 orang sembuh dan 2 meninggal dunia.

Berikut datanya :

– Kecamatan Baamang :
ODP 4, PDP 1, Positif 1, Sembuh 1, MD 1.

BACA JUGA:   Selain Covid-19, DBD Masih Mengancam Kotim

– Kecamatan Mentawa Baru Ketapang
ODP 2, PDP 1, Positif -, Sembuh 6, MD -.

– Kecamatan Mentaya Hiir Selatan
ODP 9, PDP -, Positif -, Sembuh -, MD -.

– Kecamatan Mentaya Hilir Utara
ODP 2, PDP -, Positif -, Sembuh -, MD -.

– Kecamatan Kota Besi
ODP 1, PDP -, Positif 2, Sembuh 1, MD 1.

– Kecamatan Telawang
ODP 1, PDP -, Positif 1, Sembuh 1, MD -.

– Kecamatan Parenggean
ODP -, PDP -, Positif -, Sembuh 1, MD -.

Pada kesempatan berbeda, Bupati Kotim Supian Hadi, selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kotim, tidak henti-hentinya mengingatkan kepada masyarakat untuk bersama melawan penyebaran Covid-19, minimal dilingkungan keluarga.

“Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker, dan tidak bepergian ke luar rumah. Termasuk untuk tidak mudik, karena orang tanpa gejala bisa membahayakan keluarga dan kerabat di kampung halaman,” kata Supian Hadi, Kamis 14 Mei 2020.

BACA JUGA:   Polisi Bekuk Pelaku Pencurian Masker Milik Dinkes Kalteng

Menurutnya, imbauan ini bukan larangan. Tetapi selaku Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kotim, pihaknya akan selalu mengingatkan kepada seluruh masyarakat, bahwa penularan masih berlangsung. Hal ini karena terdeteksi di lapangan adanya peningkatan ODP dan PDP.

“Sekarang penularan tidak hanya pada orang dewasa, tetapi juga kepada anak-anak di bawah umur. Untuk itu bantu kami untuk disiplin dalam berperilaku hidup sehat dan ikuti protokol kesehatan saat sebelum dan sesudah beraktifitas diluar rumah. Semua ini kami lakukan karena kami sayang dengan masyarakat Kotawaringin Timur,” imbau Bupati Kotim.

(jun/beritasampit.co.id)

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2020 Sampit