Sekolah Tatap Muka di Zona Kuning Perlu Pernyataan Orangtua Siswa

Sekolah Tatap Muka di Zona Kuning Perlu Pernyataan Orangtua Siswa

SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini masih dalam zona orange. Sehingga pemerintah setempat masih belum bisa sepenuhnya membuka beberapa aktivitas, seperti belajar mengajar secara tatap muka di sekolah. Namun demikian, belajar tatap muka di sekolah perlu pernyataan orang tua siswa.

“Untuk itu kita tetap mengacu pada petunjuk pimpinan, yaitu zona merah dan orange tidak dapat melakukan pembelajaran secara tatap muka, namun jika sudah masuk dalam zona kuning pembelajaran secara tatap muka di sekolah dapat dilakukan dengan catatan ada pernyataan dari orang tua siswa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Suparmadi, Kamis 13 Agustus 2020.

Suparmadi mengatakan, alasan dimintanya pernyataan dari orangtua siswa lantaran sebagian orangtua tidak ingin anaknya melakukan pembelajaran secara tatap muka di sekolah dengan alasan bahaya pandemi Covid-19. Namun sebagian orangtua ingin anaknya kembali belajar di sekolah, alasannya belajar dengan menggunakan sistem daring banyak memakan biaya, terutama untuk membeli kuota internet.

“Pernyataan orangtua ini perlu, karena sebagian orang tua setuju anaknya sekolah lagi, sebagian ada yang tidak setuju,” tambahnya.

Meskipun demikian Suparmadi menegaskan belajar tatap muka di sekolah baru dapat dilakukan setelah mendapat instruksi dari Bupati Kotim. Sehingga Dinas Pendidikan tidak mau mengambil keputusan terkait hal itu karena sangat beresiko, menyangkut kesehatan guru dan siswa.

“Kami tidak mau mengambil resiko. Kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan siapa yang mau bertanggung jawab,” terang Suparmadi.

(dev/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: