Seekor Lutung ditemukan Warga Tersengat Listrik, Satu Bidawang Diselamatkan

Seekor Lutung ditemukan Warga Tersengat Listrik, Satu Bidawang Diselamatkan

TERIMA : IST/ BERITA SAMPIT – BKSDA pos jaga Sampit menerima satu Lutung dari warga, hewan itu dilepasliarkan ditempat yang aman

SAMPIT – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pos jaga Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menerima penyerahan salah satu satwa dilindungi. Yaitu Hirangan atau yang biasa disebut Lutung.

Komandan pos jaga Sampit, Muriansyah menyebutkan bahwa hewan itu diserahkan oleh warga di perumahan wengga Jalan Merbabu. Pada Senin 13 April lalu. Menurut Muriansyah, penemuan Lutung yang berada di dalam kota itu tidak ditemukan tanda-tanda peliharaan.

“Saat di cek, tidak ada tanda-tanda kalo peliharaan orang lepas. di pinggang ngak ada bekas ikatan, satwanya nampak liar dan info warga, disekitar lokasi teesebur ngak ada yang pelihara lutung,” ungkap Muriansyah, Jumat 17 April 2020

BACA JUGA:   Peduli Covid-19, Bantuan Melalui NU Peduli Terus Bertambah

Muriansyah melanjutkan, karena tidak ada luka parah, dan warga khawatir Lutung makin stres di kandang terlalu lama, makanya hewan langka itu langsung dilepasliarkan ditempat yang aman. Setelah menerima laporan tersebut pihaknya langsung ke lokasi.

Dari pengakuan warga yang menemukan, diduga kuat hewan itu tersengat listrik dan terjatuh dari tiang listrik. Sehingga ditemukan rambut pada bagian dada dan tangannya terbakar dan dalam kondisi shock.

BACA JUGA:   Cegah Covid-19, Masjid dan Puskesmas Teluk Sampit Disemprot Disinfektan

LEPASLIARKAN : IST /BERITA SAMPIT – komandan pos jaga BKSDA Sampit, Muriansyah saat melepasliarkan satwa dilindungi berupa Bidawang

Sedangkan pada Selasa 14 April lalu. Pihaknya juga menerima laporan penemuan Labi-labi atau Bidawang seberat 16 Kilogram.

Seorang warga bernama Jonathan rela membeli hewan langka itu dari warga lainnya. Ia mengaku prihatin kepada Bidawang itu karena akan dipotong. Setelah membelinya, ia lantas menyerahkan Bidawang itu kepada BKSDA pos jaga Sampit.

“Bidawang itu kita lepasliarkan di sungai mentaya. Kami sangat berterimakasih kepada warga wengga agung dan pak Jonathan yang telah perduli dengan kelestarian satwa liar,” demikian Muriansyah

(jmy/beritasampit.co.id)

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: