Rawan Korsleting, PLN Pangkas Pohon Yang Ancam Aliran Listrik

Rawan Korsleting, PLN Pangkas Pohon Yang Ancam Aliran Listrik

SAMPIT – Sejumlah pohon di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kerap kali tumbang ketika hujan deras disertai angin kencang, sehingga hal tersebut kadang menggangu aliran listrik dari PLN.

Untuk itu, PT PLN menurunkan sejumlah personelnya untuk melakukan pemangkasan pohon yang disinyalir bisa membuat gangguan aliran listrik, khususnya pohon-pohon yang berada di dekat tiang listrik.

Manajer PT PLN Unit Layanan Pelanggan Sampit Deddy Noveyusa mengatakan, saat ini ditengah kondisi cuaca yang ekstrim. Pihaknya lebih berfokus untuk melakukan pemangkasan pohon.

“Karena sering tumbang mengenai kabel listrik sehingga terjadi gangguan, untuk itu pemangkasan dilakukan agar menghindari robohnya pohon ke jaringan,” ujarnya, Jumat 6 November 2020.

Lanjutnya, pohon yang tumbang atau dahan yang menimpa jaringan listrik akan sangat rawan menyebabkan gangguan aliran listrik. Apalagi saat ini cuaca buruk sering terjadi.

“Hari ini PLN menyebar personel ke delapan lokasi di sejumlah kecamatan untuk memangkas pohon atau dahan yang berada dekat dengan jaringan listrik. Tindakan itu dilakukan karena jaraknya cukup dekat atau ada dahan yang dikhawatirkan patah dan menimpa jaringan sehingga akan memicu gangguan pasokan listrik,” terangnya.

Menurutnya, kegitan antisipasi ini dilakukan agar jangan sampai terjadi gangguan yang mengakibatkan padamnya listrik. Karena pihaknya berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan semaksimal mungkin menghindari terjadinya pemadaman listrik.

“Jika terpaksa melakukan pemadaman, itu juga untuk kepentingan pemeliharaan jaringan. Namun sebagian besar pemeliharaan jaringan diupayakan semaksimal mungkin dilakukan tanpa pemadaman listrik,” tegasnya.

(dia/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: