Rapat Memanas Tiga Fungsi Pokok DPRD Kotim Terancam Hilang, Anggaran Dipangkas Rp 11 Miliar

Rapat Memanas Tiga Fungsi Pokok DPRD Kotim Terancam Hilang, Anggaran Dipangkas Rp 11 Miliar

DRM/BERITA SAMPIT – Wakil Ketua DPRD Kotim H Rudianur menyampaikan kesimpulan rapat internal dewan terkait pemangkasan anggaran dewan yang kini masih berlangsung.

SAMPIT – Rapat Rasionalisasi Anggaran yang dilaksanakan oleh jajaran DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) bersama tim anggaran eksekutif pada, Rabu 22 April 2020 yang masih berlangsung hingga saat ini mulai memanas. Pasalnya tiga fungsi pokok para wakil rakyat daerah itu terancam tidak dapat digunakan lagi gara-gara anggaran dipangkas habis oleh jajaran eksekutif.

Dalam hal ini Wakil Ketua DPRD Kotim H Rudianur naik tensi lantaran anggaran Sekretariat Dewan maupun anggaran DPRD dipangkas sebesar Rp 11 miliar lebih yang muncul dari Surat Edaran Bupati Kotim belum lama ini.

BACA JUGA:   Ikuti Arahan Pemerintah Dimulai Dari Diri Sendiri Hingga Berguna Bagi Orang Lain

Rudianur menyebutkan, apabila anggaran di lembaga legislatif dipangkas sebanyak itu maka tiga fungsi pokok dewan, diantaranya Bajeting dan Fungsi Pengawasan tidak dapat dilakukan oleh seluruh anggota DPRD terutama untuk mengawasi kinerja pemerintah daerah dan menampung aspirasi masyarakat termasuk mensosialisasikan terkait Covid-19 saat ini di Kotim.

“Kami merasa tidak dihargai oleh pemerintah daerah, dua dari tiga fungsi pokok kami di DPRD ini apabila dipangkas Rp 11 miliar itu diantaranya Bajeting maupun Fungsi Pengawasan tidak dapat berjalan, kami sudah lakukan rapat di internal dan sepakat memberikan Rp 2 miliar saja,” ungkap Rudianur.

BACA JUGA:   Jalanan Sepi, Pedagang Khawatir Ada Aksi Kejahatan Ditengah Virus Corona

Bukan hanya itu saja, Legislator partai Golkar ini bahkan menyebut dirinya selaku unsur pimpinan tidak akan menyetujui maupun meneken hasil rasionalisasi anggaran untuk penanganan Covid-19 yang dinilai tidak wajar tersebut.

“Saya selaku unsur pimpinan dewan tidak akan menandatangani hasil kesepakatan rasionalisasi anggaran nantinya kalau tidak sesuai dengan kesepakatan ini menyangkut kepentingan masyarakat banyak,” tutupnya. (Drm/beritasampit.co.id).

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: