Polsek Sungai Sampit Kawal Penertiban APS

Polsek Sungai Sampit Kawal Penertiban APS

Kotawaringin Timur, Borneo24.com – Polsek Sungai Sampit mengawal penertiban alat peraga sosialisasi (APS) yang dilaksanakan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Mentaya Hilir Utara, bertempat di 4 Desa wilayah Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. (18/10/2020).

Hadir dalam kegiatan itu seluruh anggota Panwascam Mentaya Hilir Utara dipimpin langsung ketuanya, dua staf Kecamatan Mentaya Hilir Utara, dua anggota Koramil 1015-07 Bagendang. Sementara itu Polsek Sungai Sampit hadir dipimpin langsung Kapolsek Ipda Lenina Olin, bersama dua anggotanya.

Sasaran dalam pelaksanaan kegiatan adalah Pelepasan Alat Peraga Sosialisasi (APS) peserta Pilkada Kotawaringin Timur 2020, yang ada di beberarapa ruas jalan pada wilayah Desa Bagendang Hulu, Bagendang Tengah, Sumber makmur dan Bagendang Hilir.

Penertiban dilakukan dengan mencopot APS yang dinilai melanggar aturan, baik dalam hal bentuk, lokasi maupun perizinannya.

Dalam hal ini APS tidak boleh dipasang di tempat ibadah, Sekolah dan Kantor pemerintahan, selanjutnya dalam hal Pemasangan APS harus sesuai dengan ketentuan KPUD Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu mencantumkan nomor penetapan dari KPU.

Pencopotan dilakukan juga terhadap APS yang tidak mencantumkan nomor penetapan oleh KPU Kabupaten, sedangkan APS yang sudah memasang nomor penetapan dari KPU Kabupaten tidak dilakukan pencopotan atau pembongkaran.

Dalam kegiatan pencopotan dan pembongkaran APS di Kecamatan Mentaya Hilir Utara dilakukan secara persuasif, apabila dipasang di halaman rumah atau pekarangan, sehingga meminta izin dulu dengan pemilik rumah. Tim menawarkan apakah APS tersebut dibongkar sendiri atau bongkar atau dicopot oleh Tim Panwascam Mentaya Hilir Utara.

Kapolres Kotim Akbp. Abdoel Harris Jakin, melalui Kapolsek Sungai Sampit Ipda. Lenina Olin, menjelaskan bahwa Kegiatan pencopotan APS merupakan Instruksi Bawaslu Kabupaten Kotawaringin Timur yang dilaksanakan serentak di seluruh kecamatan, adapun tujuan kegiatan tersebut adalah agar pemasangan APS lebih tertib dan teratur, selanjutnya dalam kegiatan Panwascam Mentaya Hilir Utara tersebut, “ Pihak aparat dari Polsek Sungai Sampit hanya mendampingi dan mengawal agar kegiatan bisa berjalan lancar, di imbau kepada warga Masyarakat dan masing-masing tim sukses agar menaati dan mematuhi peraturan yang sudah di kelaurkan oleh KPU Kabupaten Kotawaringin Timur,” pungkas Olin. (***)

Sumber: Borneo24

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: