Polsek Kota Besi Sosialisasikan Karhutla

Polsek Kota Besi Sosialisasikan Karhutla

Kotawaringin Timur, Borneo24.com – Anggota Polsek Kota Besi, giatkan Sosialisasi Larangan Karhutla, bertempat di Desa Bejarum, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. (15/10/2020).

Kalimantan tengah merupakan salah satu tempat titik api terbanyak pada tahun lalu, salah satunya adalah Kabupaten kotim, tidak mau mengulangi kejadian yang sama, Polres Kotim melalui Polsek Kota Besi bersama TNI dan BPBD Kotim melaksanakan giat patroli secara masif guna mencegah karhutla serta menangani api apabila dilapangan di jumpai titik api.

Kapolres Kotim Akbp. Abdoel Harris Jakin, melalui Kapolsek Kota Besi Iptu Erik Andersen, menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut kita tidak hanya berfokus dalam patroli namun juga memberikan edukasi kepada pada pemilik lahan dan penduduk sekitar untuk tidak membakar lahan karena dapat di ancam pidana UU No.18 Tahun 2013 tentang Kehutanan, UU No. 39 Tahun 2014 tentang perkebunan, UU. No. 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup dimana hukuman 15 tahun dan denda 15 Milyar. Selain edukasi tersebut Polsek Kota Besi dan tim memasang banner peringatan larangan karhutla serta stiker-stiker yang di tempelkan di rumah-rumah warga atau di warung-warung, agar ketika ada niat untuk membuka lahan dengan cara membakar dapat menjadi acuan bahwa itu dilarang. Membuka lahan sebenarnya tidak di larang namun ada aturan nya apalagi saat ini musim kemarau, jadi perlu hati-hati terkait dampak yang timbul apabila membuka lahan dengan cara di bakar.

Besar harapan kita, Kotim umum nya dan Kota Besi pada khusus nya bebas dari zona titik api sehingga kita bisa mewujudkan kota yang bersih, aman dan sehat. Inilah yang harus kita jaga, bukan hanya TNI, Polri dan BPBD tapi merupakan tanggung jawab kita bersama seluruh elemen masyarakat yang ada bahu mebahu saling membantu mewujudkan itu semua, ujar Kapolsek Kota Besi. (***)

Sumber: Borneo24

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: