Polres Kotim Tanda Tangani Pakta Integritas Netralitas Dalam Pilkada 2020

Polres Kotim Tanda Tangani Pakta Integritas Netralitas Dalam Pilkada 2020

– Kapolres Kotim pimpin Anggota Polres Kotim untuk Penandatanganan Pakta Integritas Netralitas Polres Kotim dalam Pilkada 2020, pada apel Senin di Halaman Mako Polres Kotim Jalan Jenderal Soedirman km.0 Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawarigin Timur Provinsi Kalimantan Tengah, (19/10/2020).

Dalam Apel senin tersebut sebagai Pimpinan Apel diambil langsung oleh Kapolres Kotim Akbp. Abdoel Harris Jakin, dan dihadiri seluruh Pejabat Umum dan Anggota Polres Kotim serta Polsek Kota.

Dalam Apel Tersbut Kapolres Kotim memimpin Seluruh Personil untuk mengucapkan 3 Point Peryataan Pakta Integritas Netralitas Polres Kotim antara lain :
1. Siap mengawal setiap tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalteng serta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kotim, dengan penuh tanggung jawab sehingga setiap tahapan dapat berjalan dengan damai dan sejuk.
2. Menyatakan sikap Netral dengan tidak memihak terhadap Paslon, baik dari Paslon Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Kalteng serta Paslon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Kotim.
3. Bersikap Transparan, Jujur, Objektif dan Akuntabel dalam melaksanakan Tugas.

Dalam arahan Apel tersebut Kapolres Kotim Akbp. Abdoel Harris Jakin, menerangkan bahwa Pakta Integritas tersebut adalah merupakan Pernyataan sikap bahwa Kita Anggota Polri itu Netral dalam pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kotim, perintah sudah jelas bahwa kita Wajib Netral, siapapun ada hubungan kekerabatan yang bagaimanapun dengan salah satu Paslon Kita tetap Netral.

Tunjukan netralitas kita dalam ucapan sikap tingkah laku maupun perbuatan, jaga semua aspek tersebut jangan sampai terindikasi atau terkesan bahwa kita itu memihak, dimana sebelumnya Kapolres sebelumnya pernah mengingatkan kepada anggota jangan sampai berswafoto dengan salah satu Paslon atau Tim suksesnya, saat pose berswafoto pribadi jangan sampai menunjukan Gestur atau symbol-simbol yang seolah-olah memihak kepada salah satu Paslon.

Dan Kebijakan Komitmen ini telah disampaikan dari awal oleh Kapolres pada setiap acara pertemuan dengan masing-masing Paslon, bahwa Polri benar-benar bersikap netral dengan mengambil posisi sebagai Penengah penegak aturan yang baik bersama dengan Bawaslu, serta bertugas Pokok untuk menjaga Kamtibmas Pelaksanaan Pilkada agar semua selamat dalam situasi kondusif tertib terkendali.

Kepada Anggotanya Kapolres Kotim menekankan bahwa “ Kebijakan ini harus ditegakkan dan dilaksanakan, tidak akan menolerir terhadap adanya keberpihakan, jika terindikasi adanya keberpihakan maka sudah menjadi Tugas Propam melakukan penindakan Sanksi akan berjalan, dan perintah ini agar disampaikan keseluruh Anggota Polres Kotim sampai ke Polsek jajaran” Tegasnya. (***)

Sumber: Borneo24

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: