Pilkada Serentak 2020 Resmi Ditunda Melalui Perpu Presiden

Pilkada Serentak 2020 Resmi Ditunda Melalui Perpu Presiden

IST/BERITA SAMPIT – Suasana pencoblosan di salah satu TPS saat Pilkada lalu.

SAMPIT – Pandemi virus corona (Covid-19) telah memaksa ditundanya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 hingga bulan Desember 2020. Hal itu dikuatkan dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 yang telah diterbitkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Perpu tersebut mengatur penundaan Pilkada serentak 2020 akibat pandemi Covid-19. Dalam Perpu itu, tepatnya di Pasal 201 A, disebutkan Pilkada akan ditunda pada bulan Desember karena wabah Covid-19.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Lantik 568 CPNS Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan

Berikut ini isi lengkapnya:

1. Pemungutan suara serentak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 201 ayat (6) ditunda karena terjadi bencana nonalam sebagaimana dimaksud dalam Pasal 120 ayat (1).
2. Pemungutan suara serentak yang ditunda sebagaimana dimaksud pada ayat (l) dilaksanakan pada bulan Desember 2020.
3. Dalam hal pemungutan suara serentak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak dapat dilaksanakan, pemungutan suara serentak ditunda dan dijadwalkan kembali segera setelah bencana nonalam sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berakhir, melalui mekanisme sebagaimana dimaksud dalam Pasal 122A.

BACA JUGA:   Soal Keringanan Angsuran, Ini Penjelasan MTF

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim, Siti Fathonah P mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu peraturan KPU RI sesuai dengan Perpu tersebut pada pasal 122A (3).

“Kalau KPU Kotim siap saja melaksanakan pemilihan pada Desember 2020 mendatang, hanya menunggu tegulasi dari KPU RI,” kata Siti, saat dikonfirmasi, Rabu 6 Mei 2020. (Jmy/beritasampit.co.id).

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: