Peringati Hari HIV/AIDS, Puskesmas Ujung Pandaran Lakukan Penyuluhan Keliling Sekolah

Peringati Hari HIV/AIDS, Puskesmas Ujung Pandaran Lakukan Penyuluhan Keliling Sekolah

SAMPIT – Dalam rangka memperingati hari HIV/AIDS se dunia, Puskesmas Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan penyuluhan tentang HIB/AIDS dan kesehatan reproduksi remaja.

Plt Kepala Puskesmas Ujung Pandaran Nugroho Kuncoro Yudho mengatakan, penyuluhan tersebut dilakukan kepada sejumlah pelajar. Yang mana pihaknya berkeliling mulai hari ini 1 Desember 2021 hingga 7 Desember 2021 di beberapa sekolah. “Untuk memperingati hari HIV/AIDS se dunia, kami melakukan penyuluhan keliling di beberapa sekolah yang ada di Teluk Sampit, yang mana kegiatan ini bertemakan Pekan Peduli AIDS dan Kesehatan Reproduksi Remaja,” katanya, Rabu 1 Desember 2021.

Lanjutnya, dalam kegiatan ini pihaknya juga melakukan penguatan dan motivasi, ikrar Stop Pergaulan Bebas, stop penyalahgunaan obat dan stop Pernikahan Dini serta diakhiri foto untuk media sosial dan penandatanganan komitmen bersama. “Dalam kegiatan juga diselingi ice breaking oleh pihak sekolah, agar para siswa tetap semangat. Tujuan kegiatan ini sendiri untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran generasi muda terkait bahaya penularan HIV/AIDS dan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi pada remaja serta menghindari pergaulan bebas,” jelas Nugroho.

Menurutnya, para pelajar yang mengikuti kegiatan kni sangat bersemangat, yang mana kegiatan dilakukan mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Terpisah Kepala SMPN-2 Teluk Sampit, Rina menyampaikan, banyak terima kasih atas kegiatan ini karena bisa menambah pengetahuan dan wawasan siswa. “Berhubung pengetahuan guru terkait kesehatan terbatas, sementara siswa harus tetap sehat sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat,” ungkapnya.

Penyuluhan Kesehatan terkait dengan HIV/AIDS dan Kesehatan Reproduksi Remaja bagi Siswa/Siswi ini diselenggarakan khusus untuk tingkat Sekolah Menengah Atas/sederajat dan Sekolah Menengah Pertama/sederajat di Kecamatan Teluk Sampit dengan jadwal yakni 1 Desember 2021 SMP Negeri-2 Teluk Sampit dan 2 Desember 2021 MTs Assasul Mutaqin. Kemudian dilanjutkan pada 3 Desember 2021 SMP Negeri-1 Satap Teluk Sampit, 4 Desember 2021 SMP Negeri-1 Teluk Sampit, 6 Desember 2021 SMP Negeri-2 Satap Teluk Sampit dan terakhir 7 Desember 2021 SMK Negeri-1 Teluk Sampit.

(dia/matakalteng.com)

Copyright © 2022 Sampit_ID
%d bloggers like this: