Peringatan! Pengguna Jasa Perairan Kalteng Diminta Lengkapi Alat Keselamatan

Peringatan! Pengguna Jasa Perairan Kalteng Diminta Lengkapi Alat Keselamatan

SAMPIT – Pengguna jasa perairan di Kalimantan Tengah (Kalteng) khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang hampir sebagian wilayahnya masih menggunakan transportasi jalur air diminta untuk melengkapi alat keselamatan.

“Saya selalu menekankan kepada Pos TNI AL yang ada di Kalteng terutama Kotim agar menekankan kepada pengguna jasa perairan untuk melengkapi alat keselamatan,” kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto saat berkunjung ke Posal Samuda, Kamis 5 November 2020.

Kolonel Laut Sandhariato yang bertugas di dua wilayah yaitu Kalselteng mengungkapkan alat keselamatan yang dimaksud seperti Ring Life Buoys atau pelampung penolong bentuk cincin, Life Jackets atau jaket penolong. 

Hal ini perlu ditekankan pasalnya demi keselamatan pengguna jasa perairan jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan dengan tersedianya alat keselamatan tersebut dapat membantu para pengguna jasa perairan untuk menyelamatkan diri.

Tidak hanya itu, dirinya juga meminta kepada para pengguna jasa perairan harus melengkapi dokumen seperti surat izin untuk kapal pengangkut. “Itu penting,jika terjadi kecelakaan kalau ada alat keselamatan bisa membantu dalam penyelamatan,” ungkapnya.

Dalam kunjungannya yang  pertama kali di Posal Samuda Kotim ini dirinya mengungkapkan cukup puas dengan kinerja anggotanya yang bertugas sebagai mata dan  telinga kepanjangan dari Lanal Banjarmasin. Pasalnya mereka dapat membina masyarakat pesisir untuk menggali potensi yang ada disekitar mereka dengan tujuan mensejahterakan masyarakat setempat.

“Saya cukup puas dengan kinerja mereka yang dapat membina potensi Maritim atau masyarakat disekitar pesisir,” tambahnya. Selain itu, dirinya juga berencana akan memberikan sarana patroli yang lebih besar untuk mendukung anggotanya dalam melakukan tugas yaitu patroli ke jangkauan yang lebih luas.

“Kedepannya akan kita usahakan punya sarana patroli yang lebih besar,namun ini masih dalam penjajakan tapi yang pasti kedepan akan lebih ditingkatkan,” tutupnya.

(dev/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: