Perbaikan Jaringan Listrik, Objek Wisata Pulau Kumala Terpaksa Ditutup

Perbaikan Jaringan Listrik, Objek Wisata Pulau Kumala Terpaksa Ditutup

– Salah satu objek wisata kebanggaan Kutai Kartanegara (Kukar) yakni Pulau Kumala selama dua hari, kemarin dan hingga hari ini masih ditutup sementara.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Thauhid Afrilian Noor mengatakan, hal ini terpaksa dilakukan dalam upaya perbaikan dan pemeliharaan jaringan kabel listrik yang ada di dalam tanah.

“Iya mungkin hari ini selesai, itu kan ada proyek PU, jadi ada masalah teknis, kabel tegangan tinggi di dalam tanah itu terkena heksa (Excavator, red),” ujarnya.

Selain persoalan teknis, Thauhid mengungkapkan, kabel jaringan listrik yang ada di Pulau Kumala memang sudah saatnya mengalami perbaikan dan perawatan karena usianya yang sudah puluhan tahun.

“Tidak hanya masalah teknis kabel dalam tanah tegangan tinggi yang luka terkena heksa itu saja sih, itu jaringan yang ada di Pulau kan juga sudah lama, ya semenjak pulau itu dibuka, artinya sudah sejak tahun 2000 lalu, ya sudah 20 tahun,” ujarnya.

Agar bisa cepat dibuka kembali untuk umum, saat ini pihaknya bersama stakeholder terkait terus berupaya agar jaringan kabel sudah siap difungsikan kembali guna menunjang sarana prasarana Pulau Kumala.

“Alhamdulillah sebagian menyala sudah, yang masih kendala ini aliran yang ke pompa mesin PDAM itu yang masih mengalami trouble, karena itu kan tegangan tinggi. Insya Allah besok sudah dibuka, tapi ada beberapa kekurangan ketidaknyamanan yakni beberapa WC itu airnya tidak bisa mengalir,” ujarnya.

“Jadi WC di sekitar sekretariat dan permainan itu saja yang sudah bisa dipergunakan, itupun kita siasati dengan estafet pengiriman pakai tangki,” ujarnya.(***)

Sumber: Borneo24

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: