Peralihan Musim, Ini Wilayah di Kalteng Berpotensi Diguyur Hujan

Peralihan Musim, Ini Wilayah di Kalteng Berpotensi Diguyur Hujan

JUN/BERITA SAMPIT – Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat diguyur hujan waktu lalu.

SAMPIT – Peringatan dini, waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang di keluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), khususnya daerah/kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk tiga hari kedepan (4 Mei 2020-6 Mei 2020).

Sebelumnya, BMKG melalui Deputi Bidang Meteorologi, memprediksikan awal musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia terjadi mulai Mei 2020 ini. Disebutkan, bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami periode peralihan musim atau pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Sidak Ke Posko Gugus Tugas Penanganan Corona

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil di wilayah Indonesia dapat terjadi beberapa hari ke depan dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem, puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es, dan lain-lain. Serta dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

BACA JUGA:   Masa Kerja di Rumah Bagi ASN di Kotim Diperpanjang 

Berikut prakiraan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang di daerah/kabupaten di Provinsi Kalteng:

Senin, 4 Mei 2020, Kabupaten Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Barito Utara, Pulang Pisau dan Kapuas.

Selasa, 5 Mei 2020, Kabupaten Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Barito Utara

Rabu, 6 Mei 2020, Kabupaten Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur, Barito Selatan, Pulang Pisau dan Kapuas. (Jun/beritasampit.co.id).

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: