Penjual Pakaian Ditegur Karena Tidak Terapkan Protokol Kesehatan

Penjual Pakaian Ditegur Karena Tidak Terapkan Protokol Kesehatan

SAMPIT – Penerapan protokol kesehatan saat ini tengah gencar disuarakan oleh pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), lantaran angka pasien positif Covid-19 terus bertambah. Pengawasanpun terus dilakukan, dari rajia hingga menyambangi pertokoan yang ada di Sampit.

Alhasil, satu toko penjualan pakaian di Jalan Pelita, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kotim diberikan teguran. Karena kurang menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Hal itu disampaikan oleh Maya Anisa selaku Lurah Mentawa Baru Hilir.

“Sejauh ini yang kami lakukan hanya sebagat teguran kepada pemilik toko pakaian tersebut. Karena dari pantauan kurang tersedia kelengkapan protokol kesehatan,” ujarnya, Kamis 1 Oktober 2020. 

Lanjutnya, pihaknya mengarahkan agar toko tersebut memperbanyak penyediaan tempat cuci tangan dan juga harus membatasi orang dalam satu ruangan. Karena saat petugas memeriksa kelokasi hal itu minim ditemukan.

Hal ini dilakukan pihaknya, karena beberapa waktu terakhir melihat pembeli yang masuk ke dalam toko tersebut saling berdesakan. Sehingga rentan menjadi tempat penyebaran Covid-19.

“Kami juga meminta kepada pihak toko agar ada satu pegawai yang bertugas mengingatkan pengunjung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Disebutkannya, dalam Peraturan Bupati (Perbup) tentang Protokol Kesehatan Covid-19 sangat jelas. Bahwa setiap pelaku usaha atau lainnya yang tidak melaksanakan protokol kesehatan, diberikan teguran hingga pencabutan izin usaha. 

“Untuk itu semua pelaku usaha tidak hanya toko pakaian itu saja, namun secara keseluruhan harus menerapkan protokol kesehatan demi kebaikan semua,” lanjutnya.

Tak hanya perihal protokol kesehatan, pengaturan area parkirpun jadi sasaran petugas. Lantaran beberapa hari terakhir parkiran di tepi Jalan Pelita tersebut sangat padat. Sehingga mengganggu lalu lintas. 

Diketahui, kegiatan itu dilakukan bersama jajaran Polsek Ketapang, Danramil, Damang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, dan pihak Puskesmas Ketapang 1 dan 2. 

(dia/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: