Peningkatan Mutu Pelayanan Tujuan Utama Akreditasi Puskesmas

Peningkatan Mutu Pelayanan Tujuan Utama Akreditasi Puskesmas

SAMPIT – Akreditasi Puskesmas merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk medorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan Puskesmas. Yang mana Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan sebagai Tujuan Utama Akreditasi Puskesmas.

Dengan demikian, dijelaskan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotawaringin Timur (Kotim) Umar Kaderi, Puskesmas sebagai Pemberi Pelayanan Kesehatan berorientasi kepada kebutuhan pasien. “Tidak lagi membenarkan kebiasaan, namun akan bekerja membiasakan yang benar, sesuai standar . Perlu kita pahami semua bahwa akreditasi tidak menilai tampilan gedung Puskesmas namun lebih kepada proses PDCA nya di Puskesmas. Tugas dan fungsi Puskesmas sesuai Roadmap Akreditasi Puskesmas Kotim, bahwa pada Tahun 2021 ini sebanyak 2 puskesmas yang mendapat pendampingan Tim Pendamping Akreditasi, namun belum disurvei karena terkendala dengan adanya Pandemi Covid-19,” sebutnya.

Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan adalah menjadi tugas dan tanggungjawab bersama, dilingkup Dinkes Kabupaten, hal ini merupakan bagian tanggungjawab semua Kepala Bidang dan semua Kepala Seksi atau pun Sub Bagian. “Jangan ada istilah karena ini topiknya akreditasi Puskesmas, yang bertanggungjawab hanya seksi akreditasi saja. Untuk menilai kinerja pelayanan di Puskesmas perlu dilakukan monitoring evaluasi mutu dan akreditasi Puskesmas,” tegasnya.

Menurutnya, dengan adanya monitoring evaluasi akan dapat diidentifikasi kesenjangan kinerja yang menjadi masukan untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan baik pada system pelayanan maupun sistem manajemen.

(dia/matakalteng.com)

Copyright © 2022 Sampit_ID
%d bloggers like this: