Pemkab Kotim Salurkan Bantuan untuk 4.345 KK Warga Terdampak Banjir

Pemkab Kotim Salurkan Bantuan untuk 4.345 KK Warga Terdampak Banjir

SAMPIT – Sebanyak 4.345 kepala keluarga yang berada di 45 desa terdiri dari 6 Kecamatan di di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang terdampak banjir menerima bantuan berupa sembako.

“Hari ini kita menyerahkan bantuan berupa sembako,” kata H Supian Hadi Bupati Kotim saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada enam kecamatan, Senin 28 September 2020.

Selain berupa sembako pemerintah daerah setempat juga akan memberikan bantuan beras kepada 15.886 jiwa terdampak banjir. Penyerahan beras dan sembako tersebut diterima oleh camat yang bersangkutan dan disaksikan oleh beberapa kades.

“Selain sembako kita juga memberi bantuan beras,” tambahnya. Namun dalam hal ini, Ia meminta dalam penyaluran sembako ini untuk langsung diantar kesetiap rumah warga yang terdampak banjir. 

Hal ini dilakukan untuk menghindari pengerumunan massa. “Jangan sampai ada kerumunan massa pasalnya pandemi masih belum berakhir,sehingga kita harus sama-sama menjaga itu,” tambahnya.

M Yusuf Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotim menyatakan 6 Kecamatan yang dilanda banjir tersebut adalah Kecamatan Tualan Hulu sekitar 178 KK dan 464 jiwa dari 4 desa, Kecamatan Antang Kalang ada sebanyak 550 KK dan 2.202 jiwa dari 11 desa, Kecamatan Telaga Antang, sebanyak 844 KK 3.617 jiwa dari 10 desa, Kecamatan Bukit Sentuai ada 191 KK,643 jiwa dari 3 desa dan Kecamatan Kota Besi, 350 KK dan 1700 jiwa dari 1 desa.

Sehingga total desa yang terdampak banjir ada sebanyak 45 desa dengan ketinggian air saat ini 40-2,5 meter. Menurutnya salah satu yang mengakibatkan banjir diantaranya perubahan pembangunan jalan darat dan transportasi darat yang menyebabkan masyarakat setempat mulai meninggalkan jalur air, sehingga sungai menjdai kotor dan dangkal menyebabkan luapan air menutupi pemukiman saat hujan turun.

Sedangkan untuk kondisi terkini disebagian desa, air sudah mulai menyurut dengan ketinggian 3 cm dari permukaan jalan.

(dev/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: