Pemilik Usaha di Sampit Kurang Perhatikan Protokol Kesehatan Bakal Kena Sanksi

Pemilik Usaha di Sampit Kurang Perhatikan Protokol Kesehatan Bakal Kena Sanksi

SAMPIT – Meningkatnya penularan Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur Kotim, membuat pemerintah melaksanakan sosialisasi dan penanganan terhadap sejumlah pemilik usaha cafe agar menyediakan tempat cuci tangan dan membatasi jumlah pengunjung yang ada di dalam cafe. 

Tim gabungan yang terdiri dari Satuan Polres Kotim, TNI, Satuan Tugas Covid-19, PMI dan Satpol PP, pada Selasa 15 September 2020 malam, melakukan patroli terhadap sejumlah pemilik usaha cafe dan rumah makan, yang masih membandel tidak mengindahkan anjuran dari surat edaran bupati kotim.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, S.I.K mengatakan dalam giat pengawasan dan pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan tersebut, pihaknua juga melaksanakan sosialisasi peraturan bupati nomor 29 tahun 2020 yang mengatur protokol kesehatan di wilayah  Kotawaringin Timur.

“Jadi kami memastikan dulu bahwa setiap pelaku usaha, khusnya usaha yang mengumpulkan masa yang banyak dalam satu  tempat, agar  mematuhi prokol kesehatan yang di anjurkan,” terang Kapolres.

Sementara giat patroli yang dilaksanakan meliputi kawasan jalan MT.Haryono, HM.Arsad dan berahir di jalan S.Parman Sampit. Pada pelaksanakan tersebut, masih ada pelaku-pelaku usaha khusnya tempat makan atau cafe yang belum memaksimalkan pelaksanaan protokol kesehatan.

Sementara kepada pemilik usaha cafe, dan rumah makan sesuai dengan sanksi yang dicantumkan dalam surat edaran tersebut, akan dikenakan teguran lisan, dan pembekuan izin usaha sementara dan maksimal sanksi pencabutan izin usaha.

“Tadi kita temukan masyarakat yang tidak menggunakan masker, jadi kami ambil sempel yang bersangkutan membacakan permohonan maaf, karena lalai dalam menjaga kesehatan orang yang berada di sekitarnya. Menggunakan masker itu bukan hanya untuk kepentingan sendiri tetapi untuk kepentingan orang banyak” ungkap Kapolres.

(ary/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: