Pembina HIS : Harus Ada Landasan Hukum Menaungi Seluruh Komunitas di Kotim

Pembina HIS : Harus Ada Landasan Hukum Menaungi Seluruh Komunitas di Kotim

SAMPIT – Saat ini berbagai macam komunitas mulai bermunculan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dari komunitas sepeda, motor, seni budaya, sosial bahkan komunitas fans boy band korea. Bahkan diketahui ada sekitar 108 komunitas yang ada di Kotim.

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Kotim Handoyo J Wibowo mengimbau agar ada landasan hukum atau organisasi yang menaungi seluruh komunitas yang ada di Kotim.

“Harus ada landasan hukum yang menaungi seluruh komunitas di Kotim, dimana semua komunitas ini harus berhimpun dalam satu organisasi yang sudah terdaftar secara legal di Kementeian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Kesbangpol), contohnya seperti saat ini Hatukep Itah Samandiai (HIS) yang sudah terdaftar secara legal,” ujar Handoyo yang juga merupakan pembina HIS ini, Senin 22 Februari 2021.

Pihaknya turut mengapresiasi kebaradaan organisasi HIS di Kotim, karena menaungi seluruh komunitas yang ada.

“Kalau apresiasi jelas, kami sangat mengapresiasi dengan adanya organisasi HIS yang menaungi semua komunitas, sehingga jika nanti ada membuat kegiatan ada organisasi yang memantau dan mengkoordinirnya agar sesuai dengan aturan,” ungkapnya.

Dengan terdaftarnya HIS secara legal di Kemenkumham dan Kesbangpol Kotim jikapun ada masalah bisa ditangani dan mempunyai kekuatan dan dasar hukum.

“Masukkan kami semua komunitas yang terdaftar atau berhimpun dalam HIS harus memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA), agar dikemudian hari jika ada yang menanyakan keanggotaan bisa menunjukan KTA nya. Dan langsung bisa diketahui bahwa komunitasnya resmi dan sah secara hukum,” tutupnya.

(im/beritasampit.co.id).

.fb-background-color {
background: !important;
}
.fb_iframe_widget_fluid_desktop iframe {
width: 100% !important;
}

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: