Pasien Covid-19 di Kotim Didominasi Klaster Keluarga

Pasien Covid-19 di Kotim Didominasi Klaster Keluarga

SAMPIT – Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini lebih didominasi oleh klaster rumah tangga atau keluarga. Hal ini diungkapkan oleh juru bicara Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kotim, Multazam.

“Peningkatan pasien Covid-19 untuk sekarang ini dipicu oleh klaster keluarga,” ungkapnya, Rabu 18 November 2020.

Multazam menerangkan, saat ini dalam ruang perawatan yang ada, seperti di Rumah Sakit Umum (RSUD) dr. Murjani Sampit dan juga Klinik Islamic Center (KIC) hampir rata-rata terisi oleh pasien dalam satu keluarga.

“Iya sekarang ini dalam ruang perawatan itu bisa ada bapak dan anak atau ibu,” terangnya.

Hal ini terjadi diduga terdapat salah satu anggota dalam keluarga tersebut lalai atau kendor dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) saat berada di luar rumah sehingga memicu terjadinya penyebaran Covid-19 dalam satu keluarga.

“Ada yang kendor dalam penerapan protokol kesehatan, terus pulang ke rumah tidak langsung mandi dan ganti baju. Akhirnya satu keluarga terpapar,” tambah Multazam.

Dengan meningkatnya jumlah kasus pasien positif Covid-19, satgas telah kembali razia disipilin protokol kesehatan. Selain itu juga, ia meminta kepada gugus tugas Kecamatan dan Kelurahan yang ada di daerah ini untuk membantu dalam menangani klaster keluarga.

“Sekarang, jangan kan di luar, di dalam kalau bisa rumah pun harus menerapkan 3M, dengan anggota keluarga sekalipun. Kalau di luar ini wajib 3M 1T. Kami minta camat dan lurah menyosialisasikan ini ke masyarakat dalam even apapun soal penanganan Covid-19,” harap Multazam.

Selain itu ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker kain yang berlapis atau masker kesehatan yang saat ini mudah ditemui di apotek.

“Masker kain berlapis banyak dapat memblokir hingga 50-70% dari tetesan dan partikel halus ini dan membatasi penyebarannya. Masker 80% lebih efektif menahan virus setelah dilakukan penelitian setara dengan masker bedah,” tambah Multazam

Multazam berharap dengan benar-benar menerapkan protokol kesehatan dapat mengurangi penyebaran Covid-19, serta menjaga orang-orang yang ada di sekeliling terutama orang yang dicintai.

(dev/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: