Pasar Tradisional Al Kamal Sampit Menjamin Keamanan dan Kebersihan saat Pandemi  Covid-19

Pasar Tradisional Al Kamal Sampit Menjamin Keamanan dan Kebersihan saat Pandemi  Covid-19

SAMPIT – Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) khususnya di Kota Sampit Kecamatan Baang, tidak perlu khawatir untuk berbelanja ke pasar tradisional seperti di Pasar Al Kamal untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pasalnya pengelola pasar tersebut sangat memperhatikan dan memberlakukan protokol kesehatan  sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

“Selain menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker bagi pedagang dan menyediakan tempat cuci tangan, kita juga melakukan penyemprotan disinfektan,” kata Supriyadi Elyas selaku pengelola Pasar Al Kamal yang juga ketua Penanganan Bebas Covid-19 Pasar tersebut, Senin 7 September 2020.

Bang Yadi sapaan akrabnya tersebut menambahkan penyemprotan disinfektan dilakukan setiap hari yaitu pagi dan malam hari setelah pasar tutup. Hal ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Dirinya juga memperhatikan kebersihan pasar dengan melibatkan sebanyak 11 orang petugas untuk menciptakan hal tersebut.”Kalau pasar bersih dan tidak bau maka yang belanja jadi nyaman. Kita kan mau buat pembeli nyaman saat belanja di pasar ini,” tambahnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa saat ini dirinya telah memesan lampu virus yang menurutnya dapat mematikan bakteri, yang harganya berkisar Rp600 ribu peritem. Lampu tersebut diharapkan dapat membantu untuk mencegah penyebaran virus tidak hanya Covid-19 namun juga virus dan bakteri lainnya yang biasanya banyak terdapat di pasar-pasar.

“Saya sudah pesan 6 buah lampu virus untuk dipasang di pasar, dengan lampu ini diharapkan dapat mengurangi bakteri dan virus yang menyebar di pasar,” terangnya. Dengan begitu pembeli merasa nyaman namun tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Selain memberikan rasa nyaman, dirinya juga memberikan rasa semangat berbelanja bagi pembeli pasalnya saat ini di pasar tersebut menyediakan berbagai jenis hadiah undian seperti mesin cuci, kipas angin dan masih banyak lagi. Hal ini dilakukannya dalam rangka semarak sumpah pemuda.

Sehingga setiap pembeli yang berbelanja ke pasar tersebut akan diberi kupon undian dan akan diundi pada tanggal 28 Oktober mendatang, jika beruntung maka pembeli tersebut akan ditelpon untuk mengambil hadiah.

“Iya kita akan beri kupon bagi setiap pembeli, ini kita lakukan selain dalam rangka semarak sumpah pemuda,kita juga ingin berbagi,” tutupnya. 

(dev/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: