Mukhtarudin: IKM Sektor Strategis Penggerak Ekonomi di Masa Pendemi

Mukhtarudin: IKM Sektor Strategis Penggerak Ekonomi di Masa Pendemi

SAMPIT – Pada masa kondisi perekonomian yang sulit, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini, Industri Kecil dan Menengah (IKM) menjadi salah satu sektor yang strategis.

Hal ini diungkapkan Anggota Komisi VI DPR RI, Mukhtarudin, yang sangat menyoroti tumbuh dan berkembangnya wirausaha IKM yang dinilainya selain membuka kesempatan kerja, juga dapat menjadi penggerak roda ekonomi sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) IKM, salah satu bertujuan untuk memberdayakan dan juga meningkatkan pengetahuan serta keterampilan berusaha bagi para pelaku usaha, dengan harapan dapat membuka lapangan kerja, meningkatkan daya saing, serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya, Senin 22 Maret 2021.

Bimtek Wirausaha IKM ini, merupakan kegiatan rutin setiap tahun di Provinsi Kalimantan Tengah, yang juga merupakan Daerah Pemilihan Mukhtarudin dari Fraksi Partai Golkar, dan pada tahun 2021 ini, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang berkesempatan mendapat giliran pembekalan IKM tersebut.

Melalui Bimtek ini, Mukhtarudin menginginkan dapat meningkatkan SDM yang produktif dan inovatif dalam mengolah dan menciptakan usaha-usaha ekonomi kreatif, terutama bagi milenial.

“Kita ingin kalangan milenial bangkit dan termotivasi membangun usahanya di tengah pandemi, dengan menciptakan usaha kreatif lainnya dan dapat berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan rakyat,” paparnya.

Sedangkan untuk Bimtek Wirausaha IKM yang dilaksanakan kali ini meliputi 3 kegiatan usaha, yaitu Wirausaha Kopi, Pembuatan Web dan Konveksi. Selain itu, peserta juga dibekali dengan materi perizinan oleh Dinas PTSP, Perbankan/KUR oleh BRI, dan Kewirausahaan.

Bimtek Wirausaha IKM sudah berlangsung 3 kali, sebelumnya telah diadakan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotim. Dan kembali akan dilanjutkan di Kabupaten lainnya di Kalimantan Tengah secara bergantian.

Untuk di Kotim dipusatkan di Kota Sampit, dan dengan di komando Anggota Komisi VI DPR RI, Mukhtarudin. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian RI, serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotim.

Bimtek Wirausaha IKM Provinsi Kalteng ini dijadwalkan selama 5 hari dari Senin 22 –  Jumat 26 Maret 2021, yang diikuti 55 orang peserta dengan mengambil tempat di Hotel Aquarius, dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Kotim, Irawati. (Cha/beritasampit.co.id).

.fb-background-color {
background: !important;
}
.fb_iframe_widget_fluid_desktop iframe {
width: 100% !important;
}

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: