Melihat Aktivitas Produktif Warga Pal 12 Sampit yang Kini Berubah Haluan

Melihat Aktivitas Produktif Warga Pal 12 Sampit yang Kini Berubah Haluan

(JIMMY/BERITA SAMPIT) – Lahan pertanian di kawasan Eks Lokalisasi pal 12 Sampit saat ditinjau Lurah Pasir Putih

SAMPIT – Sejak ditutup oleh pemerintah daerah pada 2017, warga yang bermukim di Eks Lokalisasi Pal 12 Jalan Jenderal Sudirman KM 12 Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai berangsur beralih pekerjaan.

Menurut Lurah Pasir Putih, Rudi Setiawan, sebelumnya ditutup ada 80 Kepala Keluarga (KK) yang menggantungkan nasibnya dikawasan tersebut. Namun kini, hanya tersisa sekitar 20 KK yang masih bertahan menempati tempat tinggal mereka. Karena menurut Rudi, mereka merupakan warga setempat.

Penutupan lokalisasi itu ternyata juga berdampak pada ekonomi warga setempat, sehingga mereka kehilangan mata pencaharian. Rudi menyebutkan bahwa kini warga yang tersisa berangsur beralih pekerjaan.

“Saat ini ada sejumlah warga dibawah binaan kelurahan dan Dinas Pertanian yang membentuk kelompok tani. Sehingga mereka memiliki pekerjaan yang produktif dan jauh dari kesan negatif seperti dulu,” kata Rudi

Dia menceritakan bahwa sudah ada dua kelompok tani yang terbentuk dengan luas lahan lebih dari lima hektare. Lokasinya tepat berada di lingkungan eks lokalisasi itu, yaitu di RT 08 RW 03.

Kelompok tani itu bernama Margo Mulyo dan Yoyo Pahari yang kini memiliki lahan produktif pertanian. Masing-masing dari kelompok tani memiliki kurang lebih 20 anggota aktif. Sehingga mereka mampu menghasilkan hasil pertanian puluhan ton setiap bulannya.

“Dilahan ini kami menanam cabai, timun, tomat, kacang panjang dan buah melon. Semuanya subur dan kita menyuplai ke pasar di Sampit,” kata Wawan ketua Kelompok Tani Margo Mulyo, Selasa 11 Januari 2022

Menurut Wawan setelah ditutupnya eks lokalisasi pada 2017 lalu, ia bersama teman-temannya yang juga warga setempat patungan dengan dana seadanya menggarap lahan dan membuat kelompok tani. Hal itu mereka siasati untuk menanggung perekonomian keluarga.

Sebelumnya, mereka adalah warga yang menikmati dampak ekonomi dari kegiatan prostitusi. Namun kini mereka berubah haluan dengan melakukan pekerjaan produktif yang tidak terlarang.

Meski demikian, masih ada sejumlah warga setempat yang belum memiliki pekerjaan dan berharap adanya perhatian dari pemerintah setempat.

(Jimy/beritasampit.co.id)

Berita Melihat Aktivitas Produktif Warga Pal 12 Sampit yang Kini Berubah Haluan ini agregasi dari:
https://beritasampit.co.id/2022/01/11/melihat-aktivitas-produktif-warga-pal-12-sampit-yang-kini-berubah-haluan/.

Copyright © 2022 Sampit_ID
%d bloggers like this: