Masyarakat Kotim Diharapkan Rutin Mendonorkan Darahnya

Masyarakat Kotim Diharapkan Rutin Mendonorkan Darahnya

SAMPIT – Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Yuendri Irawanto mengharapkan, agar masyarakat Kotim rutin melakukan donor darah. Karena selain untuk kesehatan juga untuk menunjang ketersediaan stok darah di PWI.

“Saat ini stok darah masih aman, kemungkinan untuk sepekan masih tercukupi. Tapi saya berharap masyarakat tetap rutin mendonorkan darah, agar stok darah kita tetap aman bagi yang membutuhkan nanti,” ujarnya, Sabtu 17 Oktober 2020.

Lanjutnya, saat ini stok darah yang ada di PMI Kotim yaitu golongan darah A, golongan darah B, golongan darah O serta golongan darah AB. Dianatara keempatnya, yang paling banyak golongan darah A, dan yang paling sedikit golongan darah AB. “Untuk keperluan rata-rata di Kotim ini membutuhkan kurang lebih 20 kantong sehari. Jika dihitung satu bulan berarti 600 kantong,” sebutnya. 

Disebutkannya, saat ini partisipasi masyarakat Kotim sudah bagus untuk mendonorkan darah karena mampu memncukupi kebutuh 600 kantung tersebut per bulannya. Diketahui, per harinya ada sekitar 20 hingga 30 orang yang mendonorkan darah. Dengan akumulasi 700 kantong lebih setiap bulannya.

“Di PMI Kotim sendiri kita bisa menampung hingga 600 kantong, kalau di rumah sakit dr Murjani bisa menampung 400 kantong. Partisipasi masyarakat sangat kita harapkan untuk donor darah, meski ditengah pandemi Covid-19 jangan takut mendonorkan darah. Karena ruangan sudah steril dan petugaspun menggunakan APD lengkap,” jelasnya.

(dia/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: