Langkah Pencegahan Karhutla di Kecamatan Pulau Hanaut Harus Terukur

Langkah Pencegahan Karhutla di Kecamatan Pulau Hanaut Harus Terukur

SAMPIT – Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), salah satu wilayah yang dianggap rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Untuk mengantisipasi, pihak Kecamatan Pulau Hanaut menggelar apel siaga yang dipusatkan di halaman kantor Desa Hantipan, Senin, 15 Maret 2021.

Camat Pulau Hanaut Eddy Mashami mengatakan, terpilihnya Desa Hantipan sebagai tempat digelarnya apel siaga bencana karhutla karena desa tersebut salah satu desa yang dianggap rawan bencana terutama karhutla.

“Apel siaga karhutla ini merupakan bagian dari antisipasi dini sehingga, Kecamatan Pulau Hanaut dapat mengambil langkah-langkah yang lebih terukur berkaitan dengan pencegahan dengan skala yang lebih besar,” ujarnya melalui rilis yang diterima redaksi media siber beritasampit.co.id, Selasa, 16 Maret 2021.

Dia menyebutkan, ada 5 desa yang dilibatkan mengikuti kegiatan tersebut yakni, Desa Satiruk, Desa Serambut, Desa Bantian, Desa Bapinang Hilir Laut dan Desa Hantipan selaku tuan rumah.

“Saya mengimbau, agar Kepala Desa dan Masyarakat Pemburu Api segera lakukan pemetaan wilayah yang terindikasi rawan terhadap bahaya karhutla, ajak dan rangkul semua tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan pemuda untuk mengedukasikan kepada masyarakat agar waspada terhadap karhutla,” pesan Eddy.

Usai apel siaga karhutla dilanjutkan dengan workshop di Balai Desa Hantipan dengan pemateri dan nara sumber Agus Mulyadi dari BPBD Kotim tentang bahaya karhutla, Wibisono dari KPHP tentang penyadartahuan bahaya karhutla.

Selanjutnya, Waka Polsek Pulau Hanaut tentang penegakan hukum, Letda Inf. H Margus, Danramil 1015-06 tentang strategi penangan karhutla, Camat Pulau Hanaut penyampaian lebih lanjut 6 langkah penanganan karhutla dari Presiden RI (22-2-2021). (ifin/beritasampit.co.id).

.fb-background-color {
background: !important;
}
.fb_iframe_widget_fluid_desktop iframe {
width: 100% !important;
}

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: