Komitmen Cegah Karhutla, Kapolsek Cempaga Sampaikan Sosialisasi

Komitmen Cegah Karhutla, Kapolsek Cempaga Sampaikan Sosialisasi

Kotawaringin Timur, Borneo24.com – Sampai saat ini tidak ada dasar hukum untuk pihak kepolisian dalam hal ini memberikan izin pembukaan lahan dengan cara membakar kepada siapapun.

Bahkan, Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) AKBP Abdoel Harris Jakin melalui Kapolsek Cempaga Iptu Dwi Susango menyampaikan beberapa aturan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Kamis (14/10/2020).

Aturan yang dimaksud antara lain Undang Undang nomor18 tahun 2013 tentang kehutanan, Undang-Undang nomor 39 tahun 2014 tentang perkebunan, Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup. “Dimana ancaman pidana penjara selama 15 tahun dan denda sebesar Rp. 15 M,” ucap Kapolsek.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut anggota Bhabinkamtibmas juga menyampaikan isi Maklumat Kapolda Kalteng tentang larangan membuka hutan dan lahan dengan cara membakar.

“Karena sampai saat ini masih berlangsung siaga Karhutlah. Diharapkan kepada masyarakat agar dapat mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bisa ikut andil dalam menjaga daerahnya bebas dari kebakaran,” tutup Budi. (***)

Sumber: Borneo24

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: