Komisi II DPRD Minta Pemkab Kotim Aktifkan Kembali BUMD Guna Tingkatkan PAD

Komisi II DPRD Minta Pemkab Kotim Aktifkan Kembali BUMD Guna Tingkatkan PAD

ZONAKALTENG, Sampit-Komisi II DPRD Kotawaringin Timur meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat mengaktifkan kembali Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi daerah ini.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Paisal Darmasing, SP mengatakan, diaktifkannya BUMD ini dalam upaya menggarap berbagai potensi sektor usaha.

“Potensi usaha tersebut banyak, dan Kalau BUMD itu diaktifkan kembali, maka hasilnya akan menambah pemasukan bagi PAD kabupaten ini,” katanya, di Sampit, Kamis, 13 Januari 2022.

Menurut dia, BUMD yang diaktifkan kembali itu nantinya dengan menempatkan orang-orang dari kalangan profesional dan berkompeten, sehingga mampu menggerakan BUMD supaya bisa lebih maju.

“Kita minta BUMD ini segera di aktifkan dan diisi oleh orang-orang yang berkompeten, supaya potensi PAD yang ada saat ini bisa segera digarap. Kita bisa lihat ada beberapa peluang atau potensi usaha yang masih berpeluang digarap diantaranya urusan kepelabuhanan, sektor usaha perkebunan, pabrik kelapa sawit dan lainnya,” beber Paisal Darmasing.

Dikatakannya, pengaktifan BUMD ini dilakukan dalam upaya memaksimalkan pemasukan PAD yang saat ini masih belum optimal.

Apabila potensi peluang usaha yang dimaksud digarap lanjut dia, tentunya akan mampu meningkatkan pendapatan daerah yang lebih tinggi dan jangka panjang.

“Apalagi kalau kita lihat usaha di sektor perkebunan saat ini, dimana warga masyarakat juga berlomba-lomba membangun kebun pribadinya masing-masing. Untuk itu kami berharap pemerintah daerah memiliki usaha pabrik kelapa sawit,” terang politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kotawaringin Timur itu.

Paisal Darmasing juga menambahkan, dengan adanya pabrik kelapa sawit tersebut, nantinya hasil kebun warga masyarakat bisa tertampung. Disisi lain masyarakat diuntungkan dan dilain sisi pabrik juga yang dikelola BUMD memiliki prospek baik kedepannya,” tutupnya. (SDM/A1).

Berita Komisi II DPRD Minta Pemkab Kotim Aktifkan Kembali BUMD Guna Tingkatkan PAD ini agregasi dari:
https://www.zonakalteng.co.id/2022/01/13/komisi-ii-dprd-minta-pemkab-kotim-aktifkan-kembali-bumd-guna-tingkatkan-pad/.

Copyright © 2022 Sampit_ID
%d bloggers like this: