Ketua DPRD Kotim beri semangat masyarakat kembangkan pertanian

Ketua DPRD Kotim beri semangat masyarakat kembangkan pertanian

Sampit (ANTARA) – DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah memberi semangat kepada masyarakat untuk mengembangkan pertanian karena peluangnya dinilai masih sangat besar.

“Sektor pertanian masih sangat menjanjikan karena permintaan masih sangat tinggi, sementara produksi kita belum sebanding sehingga sebagian komoditas pertanian masih mengandalkan pasokan dari luar daerah untuk mencukupi permintaan,” kata Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rinie di Sampit, Senin.

Sektor pertanian dinilai menjadi peluang usaha yang masih sangat menjanjikan. Bahkan ketika sektor lain lesu akibat imbas pandemi COVID-19, sektor pertanian tetap stabil karena sektor ini menyangkut kebutuhan pokok masyarakat.

Melihat besarnya potensi bidang pertanian, Rinie sangat mendukung masyarakat Kotawaringin Timur menggeluti bidang ini. Apalagi, potensi lahan pertanian di daerah ini masih sangat luas.

Saat ini banyak lahan telantar yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian sehingga menjadi produktif. Pemasarannya juga cukup mudah karena permintaan di daerah ini masih tinggi.

Politisi PDIP ini memanfaatkan waktu senggangnya untuk turun ke lapangan. Seperti akhir pekan tadi, Rinie menyambangi petani sayur di Jalan Teratai Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Sampit.

Dia berbincang dengan petani terkait kendala maupun aspirasi untuk meningkatkan pertanian. Informasi yang didapat akan menjadi bahan penting bagi wakil rakyat untuk diperjuangkan saat pembahasan dengan eksekutif.

Baca juga:

“Potensi pertanian ini masih sangat bagus. Kita masih banyak memiliki lahan telantar yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk pertanian. Hasilnya diharapkan dapat membantu peningkatan perekonomian dan kesejahteraan keluarga,” kata Rinie.

Rinie mendorong pemerintah kabupaten melalui Dinas Pertanian untuk memaksimalkan bantuan dan pembinaan terhadap petani di daerah ini. Bantuan seperti peralatan teknologi pertanian, bibit, pupuk dan pembinaan untuk peningkatan sumber daya manusia, masih dibutuhkan petani.

Peningkatan pertanian tidak sekadar upaya menangkap peluang usaha untuk meningkatkan kesejahteraan petani, tetapi juga merupakan bagian mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan, khususnya di daerah masing-masing.

Untuk itu Rinie mendukung penetapan kawasan selatan atau pesisir Kotawaringin Timur sebagai wilayah lumbung pangan. Selain itu, pengembangan pertanian di wilayah lainnya juga perlu terus didorong agar hasilnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga:

Baca juga:

Sumber: ANTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: