Kepala Dinkes Kotim Minta Masyarakat Waspada DBD Saat Musim Pancaroba

Kepala Dinkes Kotim Minta Masyarakat Waspada DBD Saat Musim Pancaroba

IST/BERITA SAMPIT – Fogging dilakukan sebagai langkah terakhir untuk mencegah penularan DBD.

SAMPIT – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Faisal Novendra Cahyanto meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap musim pancaroba saat ini.

Faisal Novendra Cahyanto melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Bakhrudin menyampaikan, bahwa untuk memasuki pergantian musim atau pancaroba masyarakat hendaknya tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya penularan penyakit Demam Berdarah (DBD).

“Hal itu dengan melakukan gerakan bersama pemberantasan sarang nyamuk secara berkala, menyeluruh dan berkelanjutan. Serta melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap gigitan nyamuk terutama pada siang hari. Segera periksa ke fasilitas kesehatan terdekat apabila ada anggota keluarga yang demam mendadak bulan karena batuk dan pilek,” bebernya, Rabu 29 April 2020.

BACA JUGA:   Waduh! Harga Gula dan Cabe Meroket

Disebutkannya juga, di Kota Sampit telah muncul lagi laporan adanya demam berdarah di sejumlah titik di Kotim, salah satunya di Jalan Arjuno Kecamatan Baamang.

“Sejauh ini hanya ada satu hingga dua kasus laporan DBD. Namun belum terjadi peningkatan signifikan seperti bulan sebelumnya. Untuk masyarakat di keadaan masa pandemi Covid-19 ini, mohon untuk tetap berada dirumah jika memang benar-benar tidak ada kegiatan yang mendesak,” tutupnya.

BACA JUGA:   Mau Berbagi, Anggota DPRD Kotim Ini Kesulitan Temukan Masker

Diketahui, sejumlah titik yang melaporkan adanya kasus DBD telah dilakukan pengasapan atau fogging guna mencegah penularan.

Sementara itu, menurut prediksi BMKG Kotim, akhir April adalah puncak musim hujan sekaligus pergantian musim ke musim kemarau. (jmy/beritasampit.co.id).

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: