Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Bupati Kotim Wacanakan PSBB

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Bupati Kotim Wacanakan PSBB

SAMPIT – Kasus covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur terus menunjukkan peningkatan setiap harinya. Bahkan per hari ini, Senin, 21 September 2020, covid-19 sudah menginfeksi 232 warga Kotawaringin Timur.

Rincian dari total kasus positif covid-19 tersebut, 101 orang masih dalam perawatan, 125 dinyatakan sembuh, dan 6 orang meninggal dunia.

Terkait tren peningkatan kasus ini, Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi mengatakan tengah mempertimbangkan untuk penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Kalau angka positif covid-19 ini terus meningkat dan tak terkendali, maka opsi PSSB bisa saja kita ambil. Apalagi kalau sudah mencapai 300 – 350 kasus atau lebih,” tegas Supian Hadi.

Dia menyadari, PSBB akan sangat dirasakan dampaknya dari sektor perekonomian. Tapi opsi itu bisa saja diambil untuk menjaga masyarakat Kotawaringin Timur agar tidak terinfeksi virus berbahaya tersebut.

Kendati demikian, Supian Hadi yang juga menginstruksikan jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Kotim untuk terus memantau perkembangan itu, seraya mengintensifkan pendisplinan protokol kesehatan.

“Upaya gugus tugas dalam mengendalikan kasus covid-19 ini sudah banyak dan beragam. Hingga upaya pendisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Tapi upaya ini tidak akan maksimal kalau tidak diiringi dengan kesadaran masyarakat untuk memulai disiplin dari diri sendiri,” tegasnya.

Dia pun tak jemu mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19. Apalagi saat ini sudah mulai bermunculan klaster keluarga.

“Kalau tidak mau PSBB diterapkan, patuhi protokol kesehatan untuk terhindar dari covid-19. Gunakan masker, rajin cuci tangan, dan hindari kerumunan,” tegasnya.

(dev/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: