Kapolres Kotim Perintahkan Untuk Siaga Bencana Banjir

Kapolres Kotim Perintahkan Untuk Siaga Bencana Banjir

Kotawaringin Timur, Borneo24.com – Menyikapi Perubahan Musim dari Kemarau menuju Ke Musim Hujan, Kapolres Kotim memerintahkan Seluruh Anggota untuk Siaga Kemungkinan Bencana Banjir, hal ini disampaikan pada jam pimpinan pada apel pagi di Mapolres Kotim, Jalan Jenderal Soedirman Km.0, Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. (26/10/2020).

Menyikapi perubahan musim yang awalnya kita terdampak badai Elnino (Panas) ke badai La Nina (Hujan), dimana peralihan yang awalnya beresiko terjadinya bencana Karhutla saat ini justru beralih ke kemungkinan bencana Banjir .
Oleh Karenanya Kapolres Kotim Akbp Abdoel Harris Jakin menekankan agar disiagakan Personil Polres Kotim yang memiliki Kualifikasi Pelatihan SAR (Search And Rescue), yang rencananya pada tanggal 28 Oktober 2020 mendatang akan dilaksakan apel siaga Hari Libur dan Siaga bencana alam, gabungan TNI-Polri dan Intansi terkait terutama Basarnas.

Agar dibentuk khusus Team SAR (Search And Rescue) Gabungan dengan Direktorat Polair kemudian bisa dilaksanakan latihan seperlunya guna merefresh kembali bagaimana dasar-dasar Search And Rescue dalam penanggulangan dan pertolongan terhadap korban Bencana atau Kecelakaan.

Selanjutnya dalam menghadapi hari libur panjang agar dilakukan pemantauan dibandara dan pelabuhan untuk antisipasi peningkatan meski tidak perlu dibuatkan Pos namun perlu dilakukan penambahan personil yang melaksanakan pengamanan pengawasannya saja, jangan sampai ada kejadian overload kapasitas penumpang dalam sebuah Moda Transportasi, atau adanya alat Transportasi yang tidak laik jalan, antisipasi jangan ada penumpang yang terlantar dan yang terpenting jangan sampai terjadi bencana kecelakaan, selanjutnya sebagai salah satu bentuk kesiapsiagaan pada tanggal merah, Hari Sabtu dan Minggu kita tetap melaksanakan Apel siaga, “ Jaga kesehatan, jangan lupa selalu berdo’a semoga semua menjadi nilai Ibadah “ tegasnya. (***)

Sumber: Borneo24

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: