Jelang Vaksin Covid-19, Pemkab Kotim Siapkan Tim KIPI

Jelang Vaksin Covid-19, Pemkab Kotim Siapkan Tim KIPI

SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah menyiapkan tim kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) menjelang pelaksanaan vaksin Covid-19 di daerah setempat. “Iya,kita sudah menyiapkan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kotim, dr. Faisal Novendra Cahyanto, Kamis 14 Januari 2021.

Dirinya menerangkan untuk standar nasional semua vaksinasi selalu ada tim KIPI. Sehingga tim KIPI wajib dibentuk untuk memenuhi standar yang ada. KIPI sendiri merupakan salah satu reaksi tubuh pasien yang tidak diinginkan yang muncul setelah pemberian vaksin.

Sehingga tim KIPI dipersiapkan untuk mengantisipasi terjadinya reaksi tubuh pasien yang tidak diinginkan atau gejala ringan setelah divaksin. “Yang jelas KIPI kita bentuk, sampai sekarang kan aman seperti di Jawa Barat yang sudah melaksanakan dan belum ada KIPI yang cukup berarti,” jelas dr. Faisal Novendra Cahyanto.

Sedangkan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kotim hingga saat ini masih menunggu petunjuk dan izin dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). “Kita nunggu izin dari Pemprov Kalteng sesuai dengan surat edaran. Nanti kalau ada perintah kita akan laksanakan,” terangnya.

(dev/matakalteng.com) 

The post Jelang Vaksin Covid-19, Pemkab Kotim Siapkan Tim KIPI appeared first on Mata Kalteng.

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: