Jelang Natal dan Tahun Baru, Seluruh Indonesia Akan Berlakukan PPKM Level 3

Jelang Natal dan Tahun Baru, Seluruh Indonesia Akan Berlakukan PPKM Level 3

SAMPIT – Menjelang perayaan Natal dan tahun baru  (Nataru) 2022, tentu menjadi perhatian serius pemerintah. Pasalnya perayaan tahun ini masih diselimuti pandemi Covid-19. Bahkan pemerintah akan menaikkan level penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diseluruh daerah di Indonesia.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotawaringin Timur (Kotim) Umar Kaderi mengatakan, termasuk di Kotim akan diberlakukan PPKM level 3, meski saat ini Kotim sudah berada di PPKM level 2. “Penerapan akan dimulai pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, diharapkan masyarakat mematuhi aturan yang berlaku dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang dianjurkan pemerintah,” kata Umar, Senin 29 November 2021.

Lanjutnya, kenaikan level PPKM tersebut sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Nataru. “Selama periode Nataru, diminta untuk mengaktifkan kembali fungsi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di masing-masing lingkungan. Baik pada tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan dan desa serta Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW) paling lambat pada tanggal 20 Desember 2021,” tegasnya.

Selain itu juga, prokes yang lebih ketat dengan pendekatan 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan) dan 3T (testing, tracing, treatment). “Dan juga melakukan percepatan pencapaian target vaksinasi, terutama vaksinasi lansia, sampai akhir Desember 2021 serta melakukan koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pemangku kepentingan lainnya diantaranya Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan, Pengelola Hotel, Pengelola Tempat Wisata, Pengelola Mall dan Pelaku Usaha serta pihak lain yang dianggap perlu sesuai dengan karakteristik masing-masing daerah dalam rangka pencegahan dan penegakan disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” pungkasnya.

(dia/matakalteng.com)

Copyright © 2022 Sampit_ID
%d bloggers like this: