Ini Penyebab Kenapa Ular Sering Muncul di Rumah Warga

Ini Penyebab Kenapa Ular Sering Muncul di Rumah Warga

SAMPIT – Belum lama ini petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) beberapa kali melakukan evakuasi ular di rumah warga, bahkan salah satunya mengevakuasi ular mematikan yakni King Kobra.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim Rihel mengatakan, pihaknya dalam bulan ini sudah melakukan evakuasi hewan berbahaya 12 kali.

“Diantaranya evakuasi lebah madu, ada 3 kali sarang tawon, 6 kali ular sanca, 3 kali ular kobra. Sepuluh kali di wilayah Kecamatan Ketapang dan dua kali di Kecamatan Baamang,” bebernya.

Sementara itu Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit Muriansyah mengatakan, bulan Nopember hingga Januari adalah siklus ular bertelur dan menetas.

“Saat sarangnya terlalu basah, ular tidak suka, makanya banyak muncul ke permukaan,” tegasnya.

Lanjutnya, penyebab ular semakin banyak bermunculan di sekitar pemukiman warga yakni habitat ular sudah semakin sedikit karena perubahan fungsi hutan atau semak belukar dan karena kebakaran.

“Kedua karena ular mencari makan dan juga karena predator alaminya sudah semakin sedikit,” ungkapnya.

Dikatakan Muriansyah, hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah masuknya ular ke rumah atau pekarangan yakni membersihkan rumah dan lingkungan dari tumpukan barang-barang. Menutup lubang-lubang jalur tikus atau lubang pembuangan air atau selokan dengan kawat baja.

“Kemudian selalu perhatikan kandang ternak yang di miliki, karena ular jenis sanca biasanya mengincar ternak,” sebutnya.

Terpisah Yogianur Rizki anggota Komunitas Reptil Sampit mengatakan, cara agar aman menangkap ular yang muncul di rumah bisa memakai alat rumah seperti sapu atau serok.

“Tapi itu untuk ular yang ukuran sedang atau kecil, langsik masukan ke karung dan jangan di pegang-pegang,” ujarnya.

Sedangkan kalau ukuran besar seperti sawa lebih baik memanggil orang yang ahli. Jangan di tangkap sendiri atau diganggu, pasalnya ular sawa tidak bisa di handle hanya satu orang.

“Kalau agar ular tidak masuk kerumah, bisa menggunakan kapur barus di pojokan rumah atau belakang pintu. Jangan menggunakan garam seperti tradisi jaman dulu, itu hanya mitos,” tutup Yogi.

(dia/matakalteng.com)

The post Ini Penyebab Kenapa Ular Sering Muncul di Rumah Warga appeared first on Mata Kalteng.

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: